Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Rumah Warga di Boyolali Rusak Disapu Angin Topan

Kompas.com - 05/12/2018, 10:35 WIB
Labib Zamani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BOYOLALI, KOMPAS.com - Ratusan rumah warga Desa Samiran dan Lencoh di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, rusak ringan dan berat akibat hujan disertai angin topan yang terjadi di wilayah tersebut, Selasa (4/12/2018) sore.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali Bambang Sinungharjo mengatakan, ada sekitar 191 rumah warga yang atapnya rusak karena terlepas diterjang angin topan. Bahkan, satu rumah warga dilaporkan rusak berat akibat longsor.

"Ada 190 rumah warga yang atapnya rusak karena gentengnya terlepas dan satu rumah warga yang rusak berat karena longsor," kata Bambang dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (5/12/2018).

Pasca-kejadian itu, lanjut Bambang, pihaknya langsung mendatangi di lokasi kejadian untuk melakukan asesmen. Rumah warga yang gentengnya terlepas akibat disapu angin topan telah diberikan bantuan genteng.

"Kita juga memberikan bantuan logistik terhadap 30 warga di wilayah tersebut untuk kebutuhan tiga hari ke depan," jelas dia.

Baca juga: Diterjang Angin Ribut, 11 Rumah di Madiun Rusak

Bambang mengatakan, sebanyak 120 personel BPBD diterjunkan ke Samiran dan Lencoh untuk membantu warga gotong-royong membersihkan dan memperbaiki atap rumahnya yang rusak.

"Tadi pagi kita apelkan. Mereka ada dari unsur Dinas Sosial (Dinsos), PMI dan BPBD Boyolali. Di sana kita membuat dapur umum," imbuh Bambang.

Baca juga: Tiba-tiba Angin Kencang Datang, Genteng Berjatuhan, Kami hanya Bisa Pasrah...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com