Cerita Para Kades soal Dana Desa: Setiap Tahun Sekitar Rp 35 Juta Akan Raib...

Kompas.com - 15/11/2018, 12:20 WIB
Ilustrasi uang. Dok. HaloMoney.co.idIlustrasi uang.

BENGKULU, KOMPAS.com - Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebutkan hingga 2018 terdapat 102 kepala desa ditetapkan tersangka akibat penyimpangan dana desa.

Sementara itu Presiden Joko Widodo ( Jokowi) menyebut ada 900 Kades yang ditangkap akibat penyelewengan. Dibandingkan 74.000 desa di Indonesia, angka penyelewengan dana desa dinilai realtif kecil

ICW juga pernah merilis terdapat 12 modus penyelewengan dana desa. Antara lain modus rancangan anggaran biaya di atas harga pasar, modus mempertanggungjawabkan pembiayaan bangunan fisik dengan dana desa padahal proyek tersebut bersumber dari sumber lain.

Modus meminjam sementara dana desa untuk kepentingan pribadi namun tidak dikembalikan. Modus pungutan atau pemotongan dana desa oleh oknum pejabat kecamatan atau kabupaten.

Baca juga: Cegah Penyimpangan Dana Desa, Pemerintah Anggarkan Uang Operasional Kades

Modus lain yakni membuat perjalanan dinas fiktif kepala desa dan jajarannya. Penggelembungan (mark up) pembayaran honorarium perangkat desa. Memungut pajak atau retribusi desa namun hasil pungutan tidak disetorkan ke kas desa atau kantor pajak.

Kemudian modus pembelian inventaris kantor dengan dana desa namun peruntukkan secara pribadi.Pemangkasan anggaran publik kemudian dialokasikan untuk kepentingan perangkat desa.

Serta, modus melakukan permainan (kongkalingkong) dalam proyek yang didanai dana desa. Membuat kegiatan atau proyek fiktif yang dananya dibebankan dari dana desa.

Rp 35 juta Dana Desa Pasti Raib

Kompas.com sempat mewawancarai sejumlah kepala desa di Provinsi Bengkulu tanpa menyebutkan nama dan asal desa atas permintaan para kades.

Baca juga: Mendes Sebut Porsi untuk Infrastruktur dalam Dana Desa Diperkecil

 

Sejumlah kades mengungkapkan dari dana desa yang diterima sudah bisa dipastikan sebesar Rp 35 juta dana desa akan raib tanpa pertanggungjawaban jelas setiap tahunnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X