Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basarnas Temukan Korban Longsor Nias Selatan di Sungai Faye

Kompas.com - 13/11/2018, 10:13 WIB
Hendrik Yanto Halawa,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NIAS SELATAN, KOMPAS.com – Badan SAR Nasional (Basarnas) Pos SAR Nias atau Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) bersama warga, berhasil menemukan jasad satu korban tanah longsor di Dusun Dua, Desa Sukamaju Mohili, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Senin (12/11/2018) petang.

Komandan Regu Tim SAR, Nirwan Ndraha mengatakan, dalam pencarian hari ketiga, jajarannya berhasil menemukan korban bernama Putri Hulu (5), dalam keadaan meninggal dunia.

Korban dtemukan di Sungai Faye, Desa Sukamaju Mohili. Korban ditemukan tepat pada posisi sekitar 2 kilometer dari lokasi musibah dengan titik korodinat 0°51'42"N 97°47'21"E.

"Korban atas nama Putri Hulu (5) ditemukan pukul 18.45 WIB dalam keadaan meninggal dunia, selanjutnya korban dibawa ke rumah duka," kata Komandan Regu Tim SAR, Nirwan Ndraha, Senin (12/11/2018).

Baca juga: 5 Rumah Warga Nagekeo NTT Rusak Terkena Longsor

 

Ia mengatakan, korban kedua yang ditemukan. berada di tepi sungai faye, korban langsung di evakuasi ke rumah duka. "Korban ditemukan di sungai Faye , sudah tidak bernyawa lagi, dan dievakuasi ke rumah duka," ucapnya.

Ditambahnya bahwa personil Basarnas menerjunkan tim bersama unsur petugas lainnya melakukan pencarian dua warga dengan dibagi di beberapa titik yakni sekitar lokasi penemuan korban pertama dan arah material longsoran ke lembah perbukitan.

Selama tiga hari pencarian, Tim SAR gabungan sempat mengalami kendala dalam proses pencarian korban, yakni ancaman longsor susulan, curah hujan dengan intensitas yang cukup tinggi, yang yang seringkali mengguyur kawasan itu.

"Tim SAR terus upayakan pencarian korban lain, dengan kemampuan yang ada," tegasnya.

Baca juga: Banjir Landa Nias Selatan

 

Hingga kini baru dua orang korban yang sudah ditemukan yakni Kristofen Hulu (4) dan Putri Hulu (5).

Sementara korban yang masih belum di temukan yakni Aristina Laia ina Elsa (33), Setiamas Hulu ina Putri (30), Dalman Hulu (7), Rei jaya Hulu (3), Noverman Hulu (2). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com