Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin, Eks Relawan Khofifah akan Rangkul "Swing Voters" - Kompas.com

Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin, Eks Relawan Khofifah akan Rangkul "Swing Voters"

Kompas.com - 10/11/2018, 22:33 WIB
Ketua Umum Barkod Jokowi, Zahrul Azhar AsadKOMPAS.com/ACHMAD FAIZAL Ketua Umum Barkod Jokowi, Zahrul Azhar Asad

SURABAYA, KOMPAS.com - Relawan pendukung Khofifah Indar Parawansa - Emil Elistyanto Dardak di Pilkada Jawa Timur berevolusi menjadi relawan pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 mendatang.

Di Jawa Timur, kelompok relawan yang bernama Barisan Relawan Pendukung Jokowi (Barkod Jokowi), bertugas merebut swing voters atau massa mengambang yang belum menentukan pilihan di Pilpres 2019 berdasarkan hasil sejumlah lembaga survei.

"Barkod Jokowi akan merangkul swing voters dari kalangan profesional dan milenial," kata Ketua Umum Barkod Jokowi, Zahrul Azhar Asad, Sabtu (10/11/2018).

Baca juga: Soal Ekonomi Digital, Jokowi Sebut Sudah Minta Menteri Tak Bikin Aturan Aneh

Berdasarkan hasil survei elektabilitas pasangan capres dan cawapres yang akan berlaga di Pilpres 2019 oleh Litbang Kompas pada 24 September-5 Oktober 2018, jumlah swing voters mencapai 14,7 persen.

Sementara, elektabilitas pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin mencapai 52,6 persen, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno mendapat 32,7 persen.

Relawan pendukung Khofifah-Emil, sebelumnya sudah membentuk relawan khusus bernama Jaringan Kyai Santri Nasional (JKSN).

"Barkod beda dengan JKSN. Jika JKSN bergerak dengan pendekatan religius dan kultural, Barkod memilih wilayah profesional dan milenial," tambahnya.

Di Pilpres 2019, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno nomor urut 2 diusung koalisi Partai Gerindra, Demokrat, PAN, dan PKS. 

Pasangan ini akan melawan pasangan nomor urut 1 yakni Jokowi-Ma'ruf Amin yang diusung koalisi 9 partai yakni PDI-P, PKB, Golkar, Perindo, NasDem, Hanura, PKPI, PSI, dan PPP. 

Kompas TV Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo menghadiri pertemuan konsolidasi partai koalisi tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Bandung, Jawa Barat. Jokowi meminta koalisi harus tetap kuat dan tidak terpengaruh penyebaran berita bohong. Konsolidasi pemenangan juga turut dihadiri para petinggi partai dan para calon legislatif partai koalisi. Pertemuan Sabtu (10/11/2018) sore membahas target pemenangan di Jawa Barat mencapai 60%. Untuk itu Jokowi meminta semua tim kampanye nasional fokus dan menjalankan strategi yang matang. Jokowi juga menegaskan agar tim pemenangan cepat menangkal setiap berita hoaks yang diarahkan kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.




Close Ads X