Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potongan Tubuh dan Puing Pesawat yang Ditemukan Terus Bertambah di Posko

Kompas.com - 30/10/2018, 12:14 WIB
Farida Farhan,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com Potongan tubuh dan serpihan pesawat yang kembali ditemukan tim gabungan di lokasi jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 dibawa ke Posko DVI Polri di Pantai Tanjungpakis, Desa Tanjungpakis, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa (30/10/2018).

Berdasarkan pantauan Kompas.com di Posko Tanjungpakis, perahu tim gabungan membawa satu kantong jenazah yang berisi potongan tubuh. Potongan tubuh itu di antaranya potongan jari.

Baca juga: 4 Fakta Pencarian Korban Kecelakaan Lion Air, Pesawat Tak Meledak di Udara hingga Penemuan 24 Jenazah

Selain potongan tubuh, juga ditemukan serpihan pesawat, seperti kursi penumpang. Kemudian, petugas juga menemukan sepatu yang diduga milik korban pesawat Lion Air JT 610 rute penerbangan Jakarta-Pangkal Pinang yang jatuh di perairan Tanjung Karawang.

"Hari ini pencarian dilakukan di sepanjang pantai, dari perairan Karawang sampai Indramayu," ujar Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah.

Hal tersebut, lanjut dia, mengingat kuatnya arus air. Terlebih, kata dia, sepanjang pantura merupakan laut dangkal dan tidak bisa dilayari kapal besar.

"Kami membantu posko utama untuk melakukan penyisiran di perairan Karawang hingga Indramayu," katanya.

Di Posko Pantai Tanjungpakis, Karawang, dikerahkan 854 personel gabungan dari Basarnas, TNI/Polri, dan sukarelawan masyarakat.

Sebelum ekspos, Humas Polda Jabar menyebutkan bahwa ada tiga kantong potongan tubuh yang ditemukan pada hari ini, Selasa. Setelah ekspos, dua kantong baru lagi dibawa ke posko.

Baca juga: SAR Terima Laporan Banyak Pejabat di Lion Air yang Jatuh, dari Anggota DPRD hingga BPK

Sebelumnya diberitakan, paling tidak sudah ada 24 kantong jenazah yang berhasil ditemukan oleh Badan SAR Nasional di lokasi jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang sepanjang Senin (29/10/2018).

"Informasi per 29 Oktober 2018 bahwa telah menerima konfirmasi dari Basarnas yaitu 24 kantong jenazah. Upaya evakuasi seluruh penumpang, kru, dan pesawat JT 610 yang mengalami kecelakaan pada Senin di perairan Karawang, Jawa Barat, akan terus dilakukan," kata Corporate Communication Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro kepada Kompas.com pada Selasa dini hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com