Polisi Pastikan Tak Ada Penurunan Bendera Merah Putih Saat Pengibaran Bendera Ormas di Poso

Kompas.com - 27/10/2018, 22:56 WIB
ilustrasi demonstrasi Getty Images/iStockphoto/champcilustrasi demonstrasi

POSO KOMPAS.Com- Jajaran Kepolisian Resor Poso Sulawesi Tengah memastikan tidak ada aksi penurunan bendera merah putih saat pengibaran dua bendera milik ormas di Poso.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiarto yang menanggapi banyaknya informasi yang berkembang atas pengibaran dua bendera ormas yang terjadi di halaman gedung DPRD Poso dan lapangan alun-alun kantor Bupati Poso pada Jumat (26/10/2018).

Sebelumnya, ada pengibaran dua bendera milik ormas yang dilakukan oleh peserta aksi di sela-sela massa menggelar orasi di halaman gedung DPRD Poso yang lokasinya berhadapan dengan alun-alun kantor bupati Poso.


Berdasarkan pantauan Kompas.com di lapangan saat digelar demo, pengibaran kedua bendera di lokasi yang berbeda tersebut sempat berlangsung selama kurang lebih 5 menit.

Bendera itu akhirnya diturunkan sendiri oleh peserta aksi setelah mendapat teguran dari aparat keamanan.

Baca juga: Festival Pemuda Setelah Demonstrasi Mahasiswa Tak Lagi Kece...

Aksi spontan dilakukan oleh para peserta aksi untuk mengibarkan bendera terjadi saat posisi tiang bendera yang ada di 2 lokasi tersebut kosong dan tidak ada bendera merah putih.

Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto yang ikut dikonfirmasi membenarkan terjadinya pengibaran bendera ormas di halaman gedung DPRD Poso dan lapangan alun-alun kantor Bupati Poso.

Menurutnya,meskipun sempat berkibar dan akhirnya diturunkan, tidak terjadi aksi penurunan bendera merah putih dalam kejadian tersebut. Sebelumnya, kedua tiang bendera di tempat tersebut kosong.

"Memang sempat ada pengibaran bendera ormas,namun yang perlu saya jelaskan tidak ada aksi penurunan bendera merah putih seperti informasi yang banyak beredar," tegas Bogiek Sugiyarto.

Bogiek menjelaskan, dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) atau rekonstruksi yang digelar oleh tim Reskrim Polres Poso pada Sabtu (27/10/ 2018), pihaknya sama sekali tidak menemukan adanya aksi penurunan bendera merah putih yang dilakukan oleh peserta aksi saat pengibaran bendera terjadi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X