Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6.301 Kotak Suara Pemilu 2019 Tiba di Polewali Mandar

Kompas.com - 21/10/2018, 13:49 WIB
Junaedi,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com – Sebanyak 6.301 kotak suara Pemilu 2019 tiba di KPUD Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi barat, Minggu siang (21/9/2018).

Ketua KPUD Polman M. Danial mengatakan pihaknya sudah menerima logistik pemilu berupa kotak suara secara bertahap. Ribuan kotak suara tersebut nantinya akan didistribusikan ke 1.229 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 167 PPS (desa/kelurahan) yang ada di Polman.

Setiap TPS terdiri lima kotak suara masing-masing untuk pemilihan anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten, serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada 17 April 2019 mendatang.

"Perlengkapan setiap TPS sebanyak lima kotak suara, terdiri untuk DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten, dan Pilpres," ucap Danial, saat memantau pembongkaran kotak suara.

Baca juga: Kunci Kotak Suara Hilang Saat Pemungutan Suara Ulang, KPPS Gergaji Gembok

Logistik ini diangkut dari Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, menggunakan dua mobil kontainer dan sebuah truk. Mobil pengangkut tiba di Polewali Minggu siang dan langsung dibongkar dan diamankan di gudang KPU Polman di Jalan Budi Utomo, Pekkabata, Polewali Mandar.

Ketua KPUD Polman menjelaskan, kotak suara berwarna putih itu, berukuran 40x60 centimeter, menggunakan bahan karton kedap air dengan sisi bagian depan terdapat semacam jendela yang terbuat dari bahan plastik mika transparan.

Salah satu sisi kotak suara didesain transparan, agar surat suara dapat terlihat dari luar. Pada salah satu sisi kotak suara tersebut terdapat tulisan KPU.

Daniel menyatakan seluruh tahapan pemilu serentak 17 April 2019 akan berjalan sesuai target. Sejauh ini KPUD Polman menyatakan tak ada kendala teknis maupun administrasi yang bisa menghambat tahapan pemilu sesuai jadwal.

Baca juga: Ketua KPU RI Kaget Ada Kotak Suara Pemilu 1955 di Ungaran

Pembongkaran kotak suara dari truk disaksikan oleh Ketua KPU M Danial, Anggota Bawaslu Polman Usman Sahamma, Kabag Perlengkapan Sekretariat KPU Sulbar Yaya Wahab, Sekretaris KPU Polman Anwar Sida dan aparat dari kepolisian.

Untuk memastikan kualitas dan ketahanan kotak suara, Danial dan Usman Sahamma sempat mencoba duduk di atasnya setelah dipasang oleh staf KPU.

Menurut Sekretaris KPU Anwar Sida, pengadaan kotak suara langsung oleh KPU RI. Kotak suara untuk KPU Polman diproduksi rekanan PT Karya Indah Multiguna, Bekasi, Jawa Barat.

"Logistik yang lain akan tiba secara bertahap, seperti bilik suara, tinta dan logistik pemilu lainnya ," kata Anwar Sida. (K25-11/Junaedi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com