Mata Dua Gembong Narkoba di Medan Berkaca-kaca Saat Divonis Mati

Kompas.com - 16/10/2018, 18:57 WIB
Arman dan Edi Suryadi terpaku mendengar JPU Menuntut Pidana Mati terhadap mereka di ruang Cakra 8, Kamis (27/9/2018). Dua pria yang didakwa menjadi pengedar narkoba ini divonis mati. TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBIArman dan Edi Suryadi terpaku mendengar JPU Menuntut Pidana Mati terhadap mereka di ruang Cakra 8, Kamis (27/9/2018). Dua pria yang didakwa menjadi pengedar narkoba ini divonis mati.

MEDAN, KOMPAS.com - Majelis hakim Pengadilan Negeri Medan menjatuhkan vonis mati kepada dua gembong narkoba jaringan internasional, Arman (31) dan Edy Suryadi (39).

Mata kedua bersaudara ini berkaca-kaca saat hakim menyatakan putusannya. 

Arman sesekali menutup wajahnya saat para fotografer berusaha mengambil gambar dirinya yang tertunduk kaku.

Jalannya sidang, Majelis Hakim yang dipimpin Ali Tarigan memutuskan keduanya bersalah melakukan tindak pidana peredaran narkoba.

Pertimbangan pemberatan adalah para terdakwa melawan program pemberantasan narkoba yang digagas pemerintah dan merusak generasi bangsa.

"Tidak ada hal apa pun yang menjadi pertimbangan hakim untuk mencari keringanan hukum untuk para terdakwa," ungkap Hakim Ali Tarigan kepada keduanya.

"Adapun unsur-unsur Pasal Primer yakni Pasal 114 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika telah terpenuhi, maka majelis hakim tidak perlu melihat pasar Subsider," lanjut dia.

Menanggapi putusan tersebut, penasihat hukum Arman dan Edi mengaku keberatan dan berencana mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Medan.

"Maaf Majelis Hakim kami keberatan. Kami sepakat menyatakan banding," tutur penasihat hukum Qadirun sebelum majelis hakim menutup sidang.

Selaras dengan putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Medan, pada sidang sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Chandra Priono Naibaho dari Kejari Medan menuntut keduanya dengan pidana mati.

Namun demikian, penasihat hukum terdakwa meminta majelis mempertimbangkan tuntutan Jaksa.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X