Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Kusir Delman Pembawa Para Kepala Daerah yang Dilantik Ridwan Kamil

Kompas.com - 20/09/2018, 10:51 WIB
Dendi Ramdhani,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Iyan (26) tampak sibuk merapikan delmannya yang sudah dihias. Tangannya teliti melipat tirai warna merah marun dan kuning melingkar di atap delmannya.

Hari ini jadi hari bersejarah bagi Iyan. Betapa tidak, delman yang biasa dipakainya untuk tunggangan wisata akan ditumpangi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Iyan menjadi satu dari 14 pemilik delman asal Bandung yang dilibatkan dalam pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak 2018 di Jabar, Kamis (20/9/2018). Dari tempat pelantikan di Gedung Merdeka, delman itu akan berkonvoi menuju Gedung Sate.

Baca juga: Masa Depan Depok dan Bekasi di Tangan Ridwan Kamil, Ini Faktanya

Pria berperawakan kurus itu menuturkan, pada Rabu (19/9/2018) malam, dia sibuk menghias delmannya. Bahkan Iyan mesti bangun pukul 04.30 WIB untuk kembali memastikan tunggangannya tampil gagah.

Dia ingin tunggangannya tampil kece di hadapan Ridwan Kamil. Tak ingin kalah dengan delmannya yang dihias, Iyan pun tampil nyentrik dengan pakaian khas sunda berwarna krem.

"Pertama kali diajak sama teman total ada 14 delman yang diajak. Langsung saja bersiap," ucap Iyan.

Baca juga: Rekonsiliasi Kedai Kopi ala Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno

Iyan yang sehari-hari mangkal di kawasan Pacuan Kuda Arcamanik tak menyangka delman yang biasanya dipakai tunggangan wisata bisa dinaiki Ridwan Kamil.

"Pas dapat kabar dinaiki Ridwan Kamil saya bungah (semringah)," ujarnya.

Iyan mengatakan, ini kali kedua delmannya dinaiki Ridwan Kamil. Pada prosesi pelantikan Wali Kota Bandung 2013 lalu, Iyan juga turut mendampingi Ridwan Kamil saat konvoi menuju Gedung Sate.

"Sudah dua kali dinaikin Pak Emil pertama waktu jadi wali kota. Dulu mah grogi sekarang mah enggak terlalu. Senang bisa bincang-bincang sama Pak Emil," tuturnya.

Baca juga: Evaluasi Kinerja Ridwan Kamil-Oded, DPRD Kota Bandung Beri 98 Catatan

Kesibukan serupa dialami Agus Salim (22). Lantaran jadi pengalaman pertamanya, Agus mengaku tak tidur untuk mempersiapkan delmannya. Delman Agus akan dinaiki oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial.

"Perasaannya bangga bisa narik wali kota sebelumnya gak kepikiran," ucap Agus.

Agus pun berharap, pimpinan baru di Jabar bisa membawa perubahan bagi masyarakat kecil. Khusus kepada Ridwan Kamil dan Oded, Agus meminta agar lebih memperhatikan masyarakat berpenghasilan rendah.

"Semoga bisa menyejahterakan rakyat, harga murah, bbm murah, nyari kerja kan susah makanya saya gini juga. Kalau ada pekerjaan lain yang lebih menjanjikan ya pindah," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com