Kemensos Siapkan Modal Usaha Tanpa Bunga untuk Pesantren - Kompas.com

Kemensos Siapkan Modal Usaha Tanpa Bunga untuk Pesantren

Kompas.com - 16/09/2018, 18:07 WIB
Menteri Sosial RI Agus Gumiwang menyerahkan secara simbolis bantuan sosial yang diberikan untuk masyarakat Batam berupa bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Kemudian bantuan sosial Disabilitas dan bantuan sosial Lanjut Usia sebesar Rp 212 juta bagi 106 keluarga.KOMPAS.COM/ HADI MAULANA Menteri Sosial RI Agus Gumiwang menyerahkan secara simbolis bantuan sosial yang diberikan untuk masyarakat Batam berupa bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Kemudian bantuan sosial Disabilitas dan bantuan sosial Lanjut Usia sebesar Rp 212 juta bagi 106 keluarga.

PROBOLINGGO, KOMPAS.com – Menteri Sosial ( Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita mengajak pesantren menyukseskan program pemerintah.

Bahkan, pemerintah siap memberikan modal usaha untuk pesantren tanpa bunga sepeser pun.

Menurutnya, pesantren punya peran strategis di bidang sosial dan ekonomi. Pesantren memiliki sumberdaya besar untuk itu.

Dia berharap, pesantren bisa menjadi pusat kegiatan sociopreneurship dan enterpreneurship yang menciptakan kemandirian ekonomi pesantren dan lingkungan sekitar, khususnya warga miskin. Sehingga, taraf hidup mereka lebih baik.

Baca juga: Luncurkan E-Warong Mobile, Mensos: Ibu-ibu Tak Perlu Susah-susah...

“Kalau ada pesantren yang serius, akan kami berikan modal untuk usaha dan tanpa bunga. Bunga nol persen. Silahkan ajukan ke Kementerian Sosial,” kata Agus kepada wartawan usai menghadiri haul KH Soleh Nahrawi di Ponpes Baitus Solihin Genggong, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (15/9/2018).

Agus mewakil Presiden Jokowi. Dia disambut para ulama dan habaib dalam acara yang dihadiri ribuan masyarakat tersebut. Salah satu tokoh yang hadir adalah mantan Ketua PWNU Jatim KH Mutawakkil Alallah.

Dalam kesempatan itu, Agus menyerahkan bantuan kepada pesantren sebesar Rp 100 juta. 

Kompas TV Mensos meninjau langsung latihan yang dilakukan para atlet Asian Para Games cabang olahraga Panahan.


Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X