Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bermagnitudo 3,7 Terjadi di Jayapura, Tak Ada Kerusakan

Kompas.com - 26/08/2018, 19:43 WIB
Kontributor Wamena, John Roy Purba,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 3,7 terjadi di wilayah Kabupaten Jayapura, Papua. Tak ada korban jiwa maupun kerusakan material akibat gempa tersebut.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi ini terjadi pada pukul 18.40.18 WIT dengan episenter terletak pada koordinat 2.52 LS - 140,43 BT, tepatnya di darat pada jarak 11 Km arah Barat Laut Kabupaten Jayapura, dengan kedalaman 9 Km.

Baca juga: Waspadai Amplifikasi Gempa Bumi di Lembah Gorontalo

"Dampak gempa berupa guncangan yang dirasakan di Sentani dalam skala intensitas II MMI (I SIG-BMKG)," ungkap Kepala Balai Besar Wilayah V Jayapura Petrus Demon Sili, dalam rilis resmi, Minggu (26/8/2018) malam.

Dia juga menyampaikan, ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Kabupaten Jayapura.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Kabupaten Sumbawa Barat Minggu Dini Hari

"Hasil monitoring BMKG hingga pukul 19.18 WIT, belum terjadi aktivitas gempa susulan. Untuk itu kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya. 

Kompas TV Warga kemudian tetap berada di luar rumah, karena khawatir akan terjadi gempa dengan kekuatan yang lebih besar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com