Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TGB: Warga Lombok, Jangan Larut dalam Kesedihan...

Kompas.com - 22/08/2018, 14:55 WIB
Karnia Septia,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

MATARAM, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) M Zainul Majdi melaksanakan shalat Idul Adha 1439 H bersama para korban terdampak gempa bumi di Dusun Sumur Pandai, Desa Sesait, Kecamatan Khayangan, Kabupaten Lombok Utara, Rabu (22/8/2018).

Gubernur yang akrab disapa TGB tersebut mengajak masyarakat untuk tidak larut dalam kesedihan. Terlebih, pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, masyarakat NTB tengah diberi ujian oleh Allah SWT berupa musibah gempa bumi.

Baca juga: Syahdunya Idul Adha di Lokasi Pengungsi Gempa Lombok...

TGB mengajak masyarakat untuk mengambil hikmah dan berkah dari musibah yang sedang dialami. Menurutnya musibah gempa bumi ini tidak boleh mengurangi rasa syukur kepada Allah SWT.

"Sabar adalah kita menerimanya dengan sepenuh-penuh keimanan kepada Allah SWT," tutur TGB kepada para pengungsi seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: TGB: Kami Mohon Doa agar Gempa Lombok Ini Segera Berakhir...

TGB juga menjelaskan bahwa berkah orang-orang yang diberi ujian merupakan sebuah pertanda bahwa Allah sedang menggugurkan dosa-dosa yang diperbuat.

Berkah selanjutnya, ujian musibah akan melipatgandakan kebaikan-kebaikan yang dilakukan oleh manusia.

"Oleh karena itu, bolehlah saat ini kita bersedih. Namun, segera kesedihan itu diikutkan dengan sikap yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Yaitu mengembalikan semua yang terjadi ini kepada Allah SWT," tambahnya.

Baca juga: BMKG: Jangan Percaya Hoaks Gempa pada Hari Minggu Tanggal 26

Usai shalat, Gubernur menyerahkan hewan kurban berupa 1 ekor sapi dari presiden, 1 ekor sapi dan 20 ekor kambing dari Gubernur NTB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com