Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KM Satya Kencana Terbakar Saat Berlayar dari Surabaya ke Banjarmasin

Kompas.com - 05/08/2018, 05:30 WIB
Caroline Damanik

Editor

Sumber

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Kapal Motor Satya Kencana IX terbakar di perairan laut Jawa, sekitar 54 mil barat daya Tanjung Selatan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Sabtu (4/8/2018).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin Mujiono awalnya melaporkan, kapal terbakar saat tengah berlayar dari Surabaya, Jawa Timur, menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Kapal dari Surabaya menuju Banjarmasin mengalami kebakaran di sekitar 54 mil barat daya Tanjung Selatan. Saat ini, KM Niki Sae sedang melakukan evakuasi para penumpang di lokasi kejadian," katanya, Sabtu.

Tim Rescue Kansar Banjarmasin diberangkatkan menuju lokasi kejadian untuk melaksanakan operasi SAR.

Sementara itu, Kepala Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banjarmasin Bambang Gunawan mengatakan, total ada 230 penumpang di dalam kapal.

"Total jumlah penumpang 198 ditambah pelayar atau ABKnya total hampir 230 orang," katanya dalam konferensi pers di Pelabuhan Bandarmasih, Sabtu malam.

Sementara itu, satu orang dilaporkan tewas. Jenazah tiba di RSUD Ulin Banjarmasin, Sabtu malam. Kepala RS Bhayangkara Banjarmasin AKBP Bambang P mengatakan, korban diduga tewas karena tenggelam.

"Jadi berdasarkan pemeriksaan awal yang kami temukan tadi, memang ada air yang keluar dari mulut korban sehingga kuat dugaan sementara korban meninggal dunia memang karena tenggelam," ucapnya.


Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Satu Penumpang KM Satya Kencana IX Meninggal, Ini Penyebabnya dan NEWS VIDEO : Keterangan Pers Terkait Terbakarnya KM Satya Kencana IX di Laut Jawa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com