Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Klaten Selidiki Patwal Konvoi Moge yang Buat Seorang Perempuan Terperosok

Kompas.com - 25/07/2018, 11:59 WIB
Labib Zamani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Klaten, AKP Adhytiawarman Gautama Putra mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mencari tahu petugas yang melakukan patroli dan pengawal (patwal) konvoi rombongan pengendara moge yang melintas di wilayah Klaten, Sabtu (21/7/2018) lalu.

"Kami sedang melaksanakan penyelidikan dengan rekan-rekan Propam (Profesi dan Pengamanan) untuk mengetahui itu (petugas) pengawalan dari brigade motor (BM) mana yang lewat di wilayah kami. Kami juga sudah menghubungi Polda Jateng untuk mencari informasi tersebut," kata Adhytia ditemui di Mapolres Klaten, Jawa Tengah, Rabu (25/7/2018).

Pihaknya memastikan tidak ada anggotanya yang ikut melakukan patwal konvoi rombongan pengendara moge tersebut. Sebab, dirinya baru mengetahui banyak pengendara moge yang melintas di wilayah Klaten keesokan paginya.

Baca juga: Viral, Video Konvoi Moge hingga Buat Seorang Perempuan Terperosok

"Sudah kami pastikan dan kami yakinkan, setelah kami menanyakan kepada anggota dan melihat dibuku mutasi anggota dan pengawalan untuk pada hari itu tidak ada anggota kami yang melaksanakan pengawalan," tegas Adhytia.

Dari rekaman video yang beredar di media sosial (medsos), kata Adhytia memang ada tindakan berlebihan yang dilakukan dalam patwal rombongan pengendara moge. Selain itu, pihaknya juga menyelidiki dari pihak pengupload video di medsos karena ada dua video yang terputus.

"Apakah dua video ini sama atau memang dikarenakan ada tindakan yang berlebih dari petugas, atau ada video lain yang dimasukkan dalam video itu. Kami sedang mencari tahu," terang dia.

Baca juga: Aksi Koboi Pengusaha Bengkel Moge, Tempat Usaha Dibongkar, Mobil Pejabat Pun Ditembaki

Biasanya, lanjut Aditya, setiap ada permintaan permohonan pengawalan, mereka akan melihat terlebih dahulu kebutuhan pengawalan tersebut karena dalam UU tentang Lalu Lintas disebutkan bahwa pengawalan diperbolehkan untuk berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan sepeda, sepeda motor, maupun mobil demi menjaga ketertiban di jalan.

 

Penumpang Truk Rekam Pengendara Moge yang Hantam Spion dan Diduga Akibatkan Wanita Jatuh ke Sawah TRIBUN-VIDEO.COM - Seorang penumpang truk merekam aksi tak menyenangkan pengendara sepeda motor gede (moge) di Klaten. Video tersebut diunggah akun Facebook Arjuna Azka, Sabtu (21/7/2018). "Terjadi hari Sabtu jam 15.17wib di jln tinom _ Klaten saya muatan buku berat. Cuman heran apa aparat klau ngawal moge harus sepeti Vidio ini kasihan pengguna jln maaf jika Vidio saya gak berkenan ke sosmed cuma menghimbau lebih hati2 para pengendara," tulisnya. Tampak truk yang ditumpangi pria yang merekam momen itu didahului oleh rombongan moge yang dikawal pengendara berpakaian hijau. Para pengendara moge itu merentangkan tangan kirinya saat mendahului truk. Di bagian akhir video, spion truk itu terhantam setelah pengendara yang mengawal tersebut menyalipnya. Melalui kolom komentar, banyak warganet yang menyalahkan tindakan itu. Terlebih, pada video lain, Arjuna mengabarkan, wanita pengendara motor terperosok ke sawah akibat tersenggol rombongan moge tersebut. Hingga berita ini ditulis, unggahan Arjuna telah dibagikan lebih dari 1.700 kali. Belum ada tanggapan langsung dari pihak terkait soal viralnya video Arjuna Azka. Simak video di atas. (Tribun-Video.com/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana) #moge #kecelakaan #lalin #lalulintas #jelajah #jalanraya

A post shared by ICS InfoCegatanSolo (@ics_infocegatansolo) on Jul 22, 2018 at 6:59am PDT

Seperti diberitakan sebelumnya, video aksi konvoi pengendara motor gede (moge) viral di media sosial setelah dibagikan pemilik akun Facebook Arjuna Azka pada Sabtu (21/7/2018).

Peristiwa yang terjadi di kawasan Jalan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, tersebut mengakibatkan seorang perempuan pengendara sepeda motor terjatuh di kebun jagung.

Pengendara sepeda motor itu terjatuh diduga setelah dipepet oleh rombongan moge yang melintas. Tidak hanya di situ saja, konvoi para pengendara moge tersebut juga menghantam kaca spion truk yang mereka dahului.

Bahkan, beberapa pengendara moge ada yang merentangkan tangan kirinya tepat di depan truk yang telah mereka dahului tersebut.

Kompas TV Video ini diunggah pada 2 Maret 2018 lalu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com