Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Beraroma Pilpres, Partisipasi Pemilih di Perbatasan Meningkat

Kompas.com - 01/07/2018, 09:08 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Bayu Galih

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Angka partispasi masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Serentak 2018 di sebagian besar wilayah perbatasan meningkat dibandingkan pilkada sebelumnya.

Deputi I Pengelolaan Batas Wilayah Negara Kementerian Dalam Negeri, Robert Simbolon menyebutkan, angka partisipasi meningkat menjadi 73,24 persen.

Sementara, pada Pilkada Serentak 2015 hanya 64 persen dan Pilkada Serentak 2017 sekitar 67,08 persen.

"Ini luar biasa, mungkin saja karena Pilkada 2018 ada aroma pilpres, sehingga antusiasme yang berbeda, kita positive thinking saja," ucap Robert, di Seminari Menengah St Petrus Canisius Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Sabtu (30/6/2018).

Baca juga: Pilkada 2018, Bawaslu Soroti Masih Adanya Persoalan Data Pemilih

Namun, menurut dia, ada hal yang patut disyukuri dalam perhelatan pesta demokrasi khususnya di wilayah perbatasan. Sebab, selain antusiasme masyarakat, kondusivitas sosial juga sangat terasa.

"Dengan segala kesiapan aparat Polri, TNI, satuan Linmas, dan lainnya, ternyata mereka enggak capek, sampai tidak ada masalah. Saya sendiri memantau langsung di Kupang NTT, mulai pagi-sore ada suasana kegembiraan di sana," ucap Robert.

Tidak dipungkiri, menurut dia, ada dinamika yang muncul. Akan tetapi, Robert mengatakan, dinamika itu masih bisa diatasi, seperti persoalan teknis, dugaan intimidasi kelompok kecil, indikasi politik uang di beberapa Kabupaten di NTT.

"Sampai hari ini lancar, aman, belum ada laporan dinamika yang mengkhawatirkan. Ada (persoalan) sedikit di Papua tapi lebih ke masalah teknis saja, jadi segera bisa diatasi," kata Robert.

Robert mengemukakan, hampir semua wilayah perbatasan Indonesia dengan negara tetangga menyelenggarakan Pilkada Serentak 2018, diantaranya Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Papua, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara.

Kompas TV KPU pusat menyatakan tingkat partisipasi pemilih dalam pilkada serentak tahun ini naik dibanding tahun lalu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com