Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Surakarta Siapkan Kambing untuk TPS Unik dan Partisipasi Pemilih 80 Persen

Kompas.com - 28/06/2018, 16:55 WIB
Labib Zamani,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Hadiah berupa seekor kambing akan segera diberikan kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS di Solo, Jawa Tengah, yang tingkat partisipasi pemilihnya pada Pilkada Jawa Tengah mencapai 80 persen.

Komisioner Logistik dan Keuangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta, Suryo Baruno mengatakan, data awal yang diterima KPU Surakarta, ada lebih dari 15 KPPS TPS di Solo yang tingkat partisipasi pemilihnya mencapai 80 persen.

TPS-TPS itu akan menerima hadiah seekor kambing.

"Kami menemukan banyak TPS yang tingkat partisipasi pemiliknya mencapai 80 persen dan akan memperoleh kambing nantinya," ujar Suryo, di Solo, Jawa Tengah, Kamis (28/6/2018).

Ia masih merahasiakan TPS mana saja yang akan mendapatkan hadiah seekor kambing tersebut.

Baca juga: Dikiranya Kopi, Petugas TPS Minum Tinta Pemilu

Pasalnya, hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten/kota baru diketahui pada 4 Juli 2018.

"Tunggu dulu nanti menunggu rekapitulasi penghitungan suara tingkat kota dan baru dapat diketahui 4 Juli nanti," kata dia.

Berdasarkan hitung cepat KPU Surakarta, pasangan calon pada Pilkada Jawa Tengah, Ganjar Pranowo-Taj Yasin memperoleh 72,00 persen atau 216.235 suara.

Sementara, Sudirman Said-Ida Fauziyah 28,00 persen atau 84.075 suara.

Ganjar-Taj Yasin pada Pilkada Jawa Tengah diusung oleh PDI-P, PPP, Demokrat, Golkar dan NasDem; sementara Sudirman Said-Ida Fauziyah diusung Partai Gerindra, PKB dan PKS.

"Dari proses situng (sistem informasi penghitungan) KPU Surakarta bahwa paslon nomor 1 memperoleh 72 persen dan paslon nomor 2 memperoleh 28 persen diperoleh dari data 116 TPS," kata dia.

Baca juga: Protes Karena 16 Tahun Jalan Rusak, Mayoritas Pemilih di TPS Ini Golput

Ketua KPU Surakarta, Agus Sulistyo menambahkan, TPS yang akan menerima hadiah kambing tersebut selain tingkat partisipasi mencapai 80 persen juga ketelitian petugas KPPS dalam menghitung perolehan suara pada Pilkada Jateng.

"Kami juga akan memberikan hadiah kambing terhadap TPS unik. Ada banyak TPS di Solo yang tingkat partisipasi pemilihnya mencapai 80 persen," kata Agus.

Hadiah kambing tersebut tidak hanya diberikan KPU Surakarta.

KPU turut mendorong kepada para stakeholder untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan hadiah kepada TPS di Solo yang unik dan tingkat partisipasi pemilihnya mencapai 80 persen. 

Kompas TV Rupanya, tradisi di TPS ini sudah dilakukan oleh warga Kampung Benda Kerep sejak lama.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com