"Jangan Pernah Bercanda soal Bom Saat Mudik" - Kompas.com

"Jangan Pernah Bercanda soal Bom Saat Mudik"

Kompas.com - 13/06/2018, 19:05 WIB
Executive General Manager Angkasa Pura, Jaya Tahoma Sirait, sedang mengingatkan calon penumpang pesawat di Bandara SSK II Pekanbaru untuk tidak bercanda soal bom, Rabu (13/6/2018).KOMPAS.com/Idon Tanjung Executive General Manager Angkasa Pura, Jaya Tahoma Sirait, sedang mengingatkan calon penumpang pesawat di Bandara SSK II Pekanbaru untuk tidak bercanda soal bom, Rabu (13/6/2018).

PEKANBARU, KOMPAS.com - Para calon penumpang diperingatkan untuk tidak bercanda soal bom selama dalam perjalanan mudik Lebaran 2018.

Executive General Manager Angkasa Pura, Jaya Tahoma Sirait, mengatakan, pihaknya terus mengingatkan hal ini kepada para calon penumpang yang memasuki areal Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau.

"Kami ingatkan kepada calon penumpang agar tidak bercanda soal bom. Kalau ada yang seperti itu, bakal batal terbang," ungkapnya setelah mengecek calon penumpang di ruang tunggu, Rabu (13/6/2018).

Baca juga: Menyerahkan Diri, atau Saya Cari Sampai Liang Kubur...

Selain dilarang terbang, lanjut dia, pelaku yang bercanda soal bom juga akan menjalani proses hukum hingga ke kepolisian.

"Jangan sampai gara-gara bercanda soal bom jadi berurusan dengan aparat. Kami selalu imbau calon penumpang agar tidak bercanda bawa bom," ujar Jaya.

Sementara itu, pad H-2 Idul Fitri, ruang tunggu Bandara SSK II Pekanbaru masih dipadati para calon penumpang. Menurut Jaya, masyarakat yang menggunakan angkutan udara meningkat dibandingkan tahun lalu.

"Peningkatan mencapai 12 persen dari tahun lalu," kata Jaya.

Baca juga: Bercanda soal Bom, 2 Anggota DPRD Diturunkan dari Pesawat

Dia memprediksi bahwa puncak arus mudik yang melewati Bandara SSK II Pekanbaru adalah hari ini. Namun, karena bertepatan dengan libur panjang, setiap hari hampir rata.

"Kami lihat, beberapa hari jelang Lebaran (jumlah penumpang) masih rata. Kalau prediksi kami, hari ini puncaknya," kata Jaya.

"Karena libur panjang yang ditetapkan pemerintah, jadi puncak mudik tidak terlihat hari ini. Setiap hari rata saja," tambahnya.

Dia mengatakan, kepadatan calon penumpang pesawat sudah terlihat sejak Rabu pagi sekitar pukul 08.00 WIB.

"Perkiraan kami pemudik yang datang dan berangkat di Bandara Sultan Syarif Kasim hari ini ada sekitar 14.000-an. Dominan yang datang atau tujuan ke Riau diprediksi sekitar 52,6 persen," kata Jaya.

Baca juga: Kapolri: Kalau Tidak Bisa Atasi Begal, Kapolresnya yang Saya Begal...

Sementara itu, pengunjung yang datang didominasi dari bandara di Jakarta, Yogyakarta, Batam dan Medan. Puncaknya diperkirakan hari ini.

Selain itu, dia mengatakan bahwa calon penumpang yang menunggu keberangkatan dalam waktu lama, pihak Bandara SSK II Pekanbaru telah menambah sejumlah fasilitas bagi calon penumpang.

"Fasilitas kami sediakan ruang tempat istirahat. Bisa tiduran sambil menunggu penerbangan. Selain itu, fasilitas tambahan yaitu counter informasi yang bisa diakses oleh calon penumpang. Jadi calon penumpang tidak perlu lagi ke meja petugas," tambah Jaya.

Terkait tiket pesawat, dia mengakui ada peningkatan dibandingkan hari-hari biasa.

"Harganya memang meningkat, tetapi masih tetap dalam aturan yang berlaku. Tidak boleh sampai di luar aturan," ungkapnya.

Baca juga: Kisah Soesilo Toer, Adik Pramoedya Ananta Toer yang Bergelar Doktor dan Kini Jadi Pemulung (1)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar
Close Ads X