Survei Kompas: Khofifah-Emil Dardak 48,6 Persen, Saifullah-Puti Guntur 45,6 persen - Kompas.com

Survei Kompas: Khofifah-Emil Dardak 48,6 Persen, Saifullah-Puti Guntur 45,6 persen

Kompas.com - 31/05/2018, 05:00 WIB
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut satu Khofifah Indar Parawansa (kiri)-Emil Dardak (kedua kiri) dan nomor urut dua Saifullah Yusuf (kedua kanan)-Puti Guntur Soekarno (kanan) mengikuti debat publik I Pilgub Jatim di Gedung Dyandra Convetion Center, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (10/4). Debat publik pertama tersebut menekankan soal pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, keagamaan, budaya, kemasyarakatan, ideologi, HAM, kebangsaan, kepemudaan dan keperempuanan.ANTARA FOTO/Zabur Karuru Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut satu Khofifah Indar Parawansa (kiri)-Emil Dardak (kedua kiri) dan nomor urut dua Saifullah Yusuf (kedua kanan)-Puti Guntur Soekarno (kanan) mengikuti debat publik I Pilgub Jatim di Gedung Dyandra Convetion Center, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (10/4). Debat publik pertama tersebut menekankan soal pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, keagamaan, budaya, kemasyarakatan, ideologi, HAM, kebangsaan, kepemudaan dan keperempuanan.

KOMPAS.com - Persaingan di antara kedua pasangan calon di Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur mulai memasuki babak krusial.

Lebih kurang sebulan menjelang pemungutan suara, selisih tingkat keterpilihan keduanya masih sangat ketat.

Yohan Wahyu dari Litbang Kompas memaparkan, jika dibandingkan pada survei pertama (Februari 2018), di survei kedua (Mei 2018) ini ada kenaikan selisih elektabilitas di antara kedua pasangan calon.

Pasangan Khofifah-Emil Dardak meraih 48,6 persen suara, meningkat sekitar 4,1 persen dibandingkan survei sebelumnya.

Baca juga: Survei FISIP Universitas Airlangga: Gus Ipul-Puti 47,25 Persen, Khofifah-Emil 42,25 Persen

 

Sementara tingkat keterpilihan pasangan Saifullah-Puti Guntur mencapai 45,6 persen, naik tipis 1,6 persen.

Litbang Kompas Elektabilitas Pasangan di Pilkada Jawa Timur

Dari angka ini, pasangan Khofifah-Emil meraih peningkatan lebih besar dibandingkan lawannya. Jarak tingkat keterpilihan kedua pasangan pun mengalami perubahan, dari 0,5 persen di survei pertama, menjadi 3 persen di survei ini.

Meskipun demikian, angka selisih tingkat keterpilihan di antara kedua pasangan calon ini masih di bawah angka sampling error survei (3,46 persen).

Dengan kata lain, tingkat elektabilitas ini belum bisa secara kuat mengatakan salah satu pasangan akan unggul dibandingkan pasangan lainnya.

Litbang Kompas Pasangan di Pilkada Jatim

 

Kedua pasangan, baik Khofifah-Emil maupun Saifullah-Puti, tetap memiliki peluang yang sama.

Hasil lengkap survei Litbang Kompas tentang elektabilitas calon kepala daerah di Jawa Timur dapat dibaca lengkap di harian Kompas dan kompas.id edisi Kamis (31/5/2018).

Anda juga bisa membaca artikel lainnya dari Litbang Kompas terkait Pilkada Jawa Timur dengan judul Kontestasi yang Kembali Terulang di Kompas.id.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Sumber

Close Ads X