Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Mudik Gratis? Manfaatkanlah Kapal Laut dan Kapal Roro

Kompas.com - 02/05/2018, 16:31 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan fasilitas mudik gratis untuk berbagai moda angkutan. Hanya saja, untuk moda angkutan bus saat ini telah ditutup.

Bagi warga yang mudik gratis namun belum sempat mendaftar, Kemenhub menyarankan memanfaatkan mudik gratis melalui moda kapal laut.

"Untuk saat ini yang tersedia Kapal Roro dan kapal laut," ujar Kepala Sub Direktorat Angkutan Barang Kemenhub Deni Kusdiana, di Semarang, Rabu (2/5/2018).

Untuk kapal Roro, Kemenhub menyediakan 3 unit kapal dengan kapasitas tampung 3.000 penumpang dan 1.500 motor. Rute tiga Kapal Roro ini yaitu Surabaya, Semarang dan Lampung.

Baca juga : Kemenhub Siapkan Mudik Gratis via Laut untuk 33.000 Orang

"Kapal Roro 3 unit, keberangkatan 13 Juni ke Semarang, Surabaya dan Lampung," ucapnya.

Sementara kapal laut dikhususkan sampai ke Semarang. Kapal laut beroperasi pada 9-13 Juni 2018 dengan daya tampung 30.400 penumpang dan 15.200 unit motor.

Sementara untuk bus dan truk yang telah ditutup, disediakan sebanyak 1.130 bus dan 70 truk. Moda transportasi itu menampung 50.850 penumpang dan 3.150 unit motor.

Dalam arus mudik lebaran ini, peningkatan kendaraan pribadi diprediksi meningkat pesat. Kendaraan pribadi pada arus mudik 2018 diprediksi sebanyak 12,43 juta unit dengan penumpang mencapai 19,5 juta orang.

"Populasi jumlah kendaraan yang sudah naik, maka didorong penggunaan mudik gratis melalui darat dan kapal," ucapnya. 

Kompas TV Jelang masa mudik lebaran 2018 Kementerian Perhubungan kembali membuka pendaftaran mudik gratis bagi pengguna sepeda motor.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com