Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawaban Abraham Samad Jika Jadi Cawapres Jokowi...

Kompas.com - 22/04/2018, 22:19 WIB
Aji YK Putra,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad tak menolak jika dirinya dimajukan sebagai salah satu calon wakil presiden (cawapres) dalam Pilpres 2019 mendatang.

Abraham Samad pun mengakui, saat ini sudah ada dua partai politik yang menjalin komunikasi dengan dirinya soal menjadi cawapres.

Namun, mantan ketua lembaga antirasuah itu tak membeberkan nama partai serta warna partai yang sudah "merayu”nya itu ke hadapan publik.

(Baca juga: Dua Parpol Rayu Abraham Samad Untuk Jadi Cawapres)

Dia hanya menyebutkan, dua partai itu berada di dalam struktur pemerintah dan di luar pemerintahan.

Ketika disinggung jika menjadi cawapres Jokowi, Abraham Samad hanya tersenyum.

“Semua tidak menutup kemungkinan, itu kewajiban kita jika rakyat meminta” kata Abraham Samad saat di Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (22/4/2018).

Kinerja Jokowi selama menjadi presiden, menurut Abraham, terbilang sangat bagus dengan membangun infratruktur diseluruh daerah di tanah air.

“Kejanya bagus (Jokowi),” ujarnya.

(Baca juga: Abraham Samad Mengaku Didekati Sejumlah Parpol untuk Pilpres 2019)

Setelah pensiun sebagai ketua KPK, Abraham Samad berkeliling Indonesia untuk memberikan kuliah umum tentang pendidikan moral kepada para mahasiswa seluruh kampus di tanah air.

Hal itu dilakukannya sebagai salah satu pencegahan dini dengan menanamkan moral antikorupsi kepada Mahasiswa. Menurut Samad, mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang harus ditanamkan jiwa kepemimpinan antikorupsi jika suatu saat menjadi pimpinan negara.

“Tapi saya lakukan dengan cara yang berbeda, yakni dengan pendekatan kepada mahasiswa untuk menanamkan jiwa anti korupsi kepada mereka,” ucapnya.

Kompas TV Mantan Ketua KPK Abraham Samad memandang perlu penyidikan kasus Bank Century untuk dilanjutkan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com