Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debat Pasangan Calon Pilkada Jabar Digelar di Tiga Tempat

Kompas.com - 02/03/2018, 17:47 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menunjuk tiga daerah yang bakal jadi arena debat para kontestan di Pilkada Jawa Barat. Debat pertama akan digelar di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) pada 12 Maret 2018.

"Debat kedua di Bogor dan ketiga di Cirebon, tapi masih tentatif apakah Bogor dulu atau Cirebon," kata Komisioner KPU Jabar Divisi SDM dan Hubungan Partisipasi Masyarakat, Nina Yuningsih saat dihubungi via telepon seluler, Jumat (2/3/2018).

Nina menuturkan, pihaknya sudah membentuk tim perumus debat yang diisi oleh 18 guru besar dan dosen senior dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Barat.

"Tim perumus ini sebanyak 18 orang dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Barat, juga dari berbagai disiplin ilmu dan keahlian," ucapnya.

Baca juga : 12 Maret, KompasTV Tayangkan Secara Langsung Debat Perdana Pilkada Jawa Barat

Nina mengatakan, Jumat pagi, KPU bersama para pakar telah melakukan rapat untuk membahas tema besar materi debat, dari mulai peraoalan pelayanan masyarakat, pembangunan, ekonomi, hingga solusi persoalan di daerah.

"Intinya itu (materi debat) tidak bisa disebutkan terlalu dini. Nanti juga tim pasangan calon diberi tahu sebagai bahan persiapan agar mereka bisa eksplor," tuturnya.

Baca juga : Pasangan Calon Pilkada Jabar Dibuat Deg-degan Saat Ambil Nomor Urut

Sementara itu, Komisioner KPU Divisi Perencanaan dan Data, Ferdhiman P Bariguna, berharap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tidak garing dan mampu mengeksplorasi kemampuan paslon.

Kompas TV Polda Jawa Barat resmi menetapkan 3 tersangka dalam kasus suap penyelenggara pilkada di Garut, Jawa Barat.


"Ide-ide yang disampaikan juga diharapkan membawa perubahan," jelas Ferdhiman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com