SEGREGASI sosial juga kultural telah meminggirkan warga kampung-kampung di Jakarta. Peran apa yang dilakukan oleh seniman dengan karya-karya seninya?
Kampung, kampong, atau kampoong di Jakarta adalah sebuah sistem masyarakat yang tinggal di wilayah urban, urban village di tengah-tengah kota. Mereka miliki identitas yang terkait sejarah masa silam. Potret kontrak sosial sekumpulan orang yang unik.
Para pendatang (dari berbagai daerah di wilayah Nusantara) dan imigran (luar) yang bermukim dan berkelompok sejak masa kolonial Belanda atau bahkan ratusan tahun sebelumnya, hidup dan beranak-pinak di sana.
Kampung-kampung tersebut ditandai dengan ciri-ciri suku/etnik yang sama, membedakan dengan kampung lain.
Pada abad ke-20, meskipun abad-abad yang silam telah lewat, tapi jejak-jejak budaya dan lokasi geografi sekaligus warga kampung-kampung tersebut masih tertera dengan jelas. Era modern kota Jakarta menjadi tantangan eksistensinya, bahwa keniscayaan komunitas kampung-kampung yang majemuk yang menyimpan potensinya yang tetap besar.
Ikatan dan ingatan komunal hidup bersama adalah bentuk paling baik untuk selalu mempertahankannnya sebagai modal sosial dan tidak sekalipun ada kebijakan yang baik untuk menggusurnya dengan dalih pembangunan.
Dimensi gemeinschaft, masyarakat berciri paguyuban yang warganya terhubung secara intim, warga yang saling mengenal secara personal sesama warga masih tetap bisa kita ketemukan. Masih ada optimisme di sana.
Sebagian kampung bertransformasi/berkembang menjadi modern dan layak untuk ditinggali, tapi sebagian lainnya terdesak dan tertinggal, ter-eksklusi, menjadi kumuh, miskin dan tidak berdaya. Sangat rentan menjadi titik picu konflik dan permasalahan serius kota sebesar Jakarta ini.
Ditambah lagi pengaruh investor besar, segera saja menelantarkan kampung-kampung dengan masyarakatnya yang “old fashioned” ini dan mengubahnya menjadi masyarakat “marginal”.
Pada akhirnya warga kampung menghadapi masalah sosial klasik nan pelik seperti pengangguran, kemiskinan, putus sekolah, kekerasan horisontal (tawuran), dan bentuk-bentuk kriminalitas lainnya.
Paling rentan adalah: digunakan secara keji dan dihasut oleh para elit politik dalam pengumpulan suara pada masa-masa pemilihan pejabat publik yang datang dari mana saja. Pemerintah, partai politik, dan ormas-ormas tertentu, sama saja.
Seni, seniman, dan Kampoong Art Attack
Sebuah komunitas, sekelompok pekerja seni, seniman, atau pekerja kreatif kecil berjuluk Jakarta Art Movement (JAM) mencoba membuat program seni kampung: kampoong art attack sejak 2012.
Berharap bahwa seni dan seniman dengan karyanya bisa menjadi modal sosial dan budaya untuk setidaknya mereduksi problem sosial, melakukan upaya-upaya bersama mendialogkan kemungkinan terciptanya “transformasi komunal” di kelompok warga-warga kampung tertentu.