Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudirman Said Mengaku Akan Tingkatkan Perhatian kepada Ponpes

Kompas.com - 27/01/2018, 23:59 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Bakal calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said mengunjungi pondok pesantren Assalafiyah Desa Luwungragi, Brebes, Sabtu (27/1/2018).

Dalam kunjungannya, Sudirman ditemui langsung oleh pimpinan ponpes KH Subhan Ma'mun.

Ia mengatakan akan memberikan perhatian kepada pesantren-pesantren yang ada di Jateng.

"Saya menangkap ada harapan yang besar dari parai kyai yang saya temui agar soal pembinaan pesantren ini menjadi perhatian pemerintah provinsi Jateng," kata Sudirman. 


Menurut dia, di tengah era globalisasi seperti sekarang, peran Ponpes menjadi semakin penting untuk menjaga moralitas generasi penerus.


"Insya Allah soal pesantren akan menjadi program kerja kami. Apalagi Bu Ida Fauziyah kan dari kalangan Nahdliyin. Pasti akan ada peningkatan perhatian kepada pesantren," jelasnya. 


Sementara KH Subhan mengatakan sudah waktunya Jawa Tengah diurus oleh orang yang amanah. Orang yang jujur dan mementingkan hajat hidup masyarakat kebanyakan, bukan mendahulukan kepentingan pribadi dan kelompok.

"Untuk itu perlu pemerintah yang bersih, tulus, dan lurus. Kalau yang memimpin pemerintahan tulus dan lurus, sebenarnya mudah melakukan perbaikan," katanya.

KH Subhan juga menyampaikan perlunya mengembalikan sikap kesukarelaan dalam mengurus organisasi. Kemandirian organisasi kemasyarakatan harus didorong.

"Kalau Pak Dirman jadi gubernur perlu memperkuat pemberdayaan organisasi masyarakat," sambungnya.

KH Subhan juga meminta, jika kelak terpilih sebagai gubernur Jateng, Pak Dirman harus memberi perhatian kepada pesantren. Pasalnya, pesantren merupakan sumber kader pemimpin bangsa yang sudah terbukti bisa diandalkan. Banyak pemimpin nasional sejak dulu hingga sekarang yang berasal dari pesantren.

"Pesantren merupakan sumber kader kepemimpinan nasional. Karena itu harus diperkuat guna meningkatkan kualitas kader pemimpin," urai dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com