Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkes Kunjungi Pasien Gizi Buruk di Asmat

Kompas.com - 25/01/2018, 14:32 WIB
Kontributor Wamena, John Roy Purba

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek bertolak dari Timika ke Agats, ibu kota Kabupaten Asmat, Kamis (24/1) pagi, untuk mengunjungi para pasien gizi buruk dan wabah campak.

Seperti dikutip dari rilis Kodam XVII/ Cendrawasih, rombongan tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika pada Kamis pagi.

Setelah beristirahat sejenak di ruang VIP Bandara Mozes Kilangin Timika, Nila bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke Bandara Ewer Asmat dengan pesawat.

Selama berada di Agats, Menkes Nila DF Moeloek dijadwalkan mengunjungi Posko Kesehatan Terpadu dan RSUD Asmat yang menangani ratusan pasien campak dan gizi buruk.

(Baca juga : Gubernur Papua dan Bupati Asmat Tolak Usul Jokowi untuk Relokasi Warga)

Kunjungan Menkes Nila DF Moeloek ke Asmat kali ini menindaklanjuti perintah Presiden RI Joko Widodo agar dilakukan kajian awal agar mengetahui faktor-faktor penyebab yang menyebabkan timbulnya masalah campak dan gizi buruk tersebut.

Nila mengaku telah meminta para kepala dinas kesehatan di Papua untuk melakukan pengobatan.

"Kami kerja sama dengan TNI, polisi, Kementerian Sosial secara terpadu. Kami membuat program 10 hari pertama ini sudah, 10 hari dilakukan beberapa kegiatan sampai tiga kali, sampai satu bulan," ujar Nila.

Dalam kunjungan ini, Menkes didampingi oleh sejumlah pejabat antara lain Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes HM Subuh, Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Usman Sumantri, dan Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Maura Linda Sitanggang.

 

 

Kompas TV Bacagub Papua John Wempi Wetipo mengkritik kinerja Pemprov Papua yang dinilai tidak berjalan maksimal dan terkesan tumpang tindih khususnya soal kesehatan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com