Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Mati, Kondisi Gajah Rambo Sangat Lemah

Kompas.com - 22/01/2018, 20:20 WIB
Fitri Rachmawati

Penulis

LOMBOK UTARA, KOMPAS.com - Gajah Rambo telah pergi untuk selamanya. Gajah berusia lebih dari 50 tahun ini sebelum mati sangat lemah karena penyakit yang dideritanya. 

“Dia sempat berdiri dan mencoba berjalan, namun terjatuh lagi. Hingga akhirnya Rambo tak kuasa lagi, dan dia mati dalam kondisi sakit,” ujar Ivan Juhandara, Juru Bicara Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (22/1/2018).

Ivan mengatakan, BKSDA NTB menerima laporan kematian Rambo dari pengelola Taman Satwa Lombok Elephant Oarks (LEP) Kabupaten Lombok Utara, Senin (15/1/2018) sekitar pukul 15.00 Wita.

Hingga kini, BKSDA belum bisa menentukan penyebab kematian Rambo. Sebab selama berada di LEP, tidak dilakukan tes darah, yang bisa menjadi acuan. 

(Baca juga : Pengusutan Kasus Gajah Mati di Aceh Terkendala Hasil Laboratorium)

Meski demikian, pihaknya telah mengurus tim dari Dirjen BKSDA untuk meneliti penyebab kematian Rambo. Mereka adalah dokter hewan Talia Zalia dan Ercie Kandau, pemerhati satwa langka.

Ivan menjelaskan, setelah mati, Rambo tidak langsung dimakamkan. Mayat Rambo akan menjalani nekropsi, tiga jam setelah kematiannya.

Dalam nekropsi, tim dokter hewan mengambil beberapa potong organ vital, termasuk sample cacing yang menempel di usus besar Rambo. “Hasil nekropsi itu nanti akan dikirim ke Medical Satwa Laboratories di Bogor,” tutur Ivan.

Sementara itu, Direktur World Wild Life (WWF) NTB, Ridha Hakim mengatakan, kematian Rambo harus dicari tahu penyebabnya secara detail. Hal itu untuk memastikan apakah keberadaan Rambo selama di Taman Satwa LEP diperlakukan layak dan sesuai SOP. 

“Apalagi di sana bukan hanya ada Rambo, tapi ada tiga gajah lainnya yang harus dijaga Mereka adalah Gajah Bayu, Melati, dan cindy. Rambo dan Bayu berasal dari Waikambas, Provinsi Lampung, sementara Melati dan Cindy dari Malaysia,” kata Ridha.

(Baca juga : Diduga Tersetrum Jerat Kawat Listrik, Dua Ekor Gajah Mati )

Menurutnya, kematian Rambo disembunyikan, tidak terlacak. Hal itu akan membingungkan banyak pihak. “Semestinya mereka, pengelola LEP harus cepat melapor begitu ada masalah dengan gajah-gajah tersebut, ini kan informasinya tersembunyi, ada apa?” Kata Ridho.

WWF NTB akan melihat lebih jauh, kontrol dan monitoring Kementerian Kehutanan yang memberikan izin pemelihara gajah-gajah tersebut.

“Kita akan telusuri bagaimana izin kedatangan 4 ekor gajah itu bisa sampai di NTB, mengingat masing-masing gajah memiliki PIN atau identitas seperti warga negara. Karena gajah adalah milik negara meskipun dikelola pemeliharaannya oleh swasta," pungkasnya. 

Kompas TV BKSDA memperkirakan, gajah mati karena tersengat listrik di pagar perkebunan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com