Malam Natal di Ambon, Wujud Toleransi Antarumat Beragama...

Kompas.com - 24/12/2017, 22:08 WIB
Pelaksanaan ibadah Natal di sejumlah gereja di Kota Ambon ikut dijaga oleh pemuda masjid dan sejumlah warga bergama Hindu, Minggu (24/12/2017) Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty Pelaksanaan ibadah Natal di sejumlah gereja di Kota Ambon ikut dijaga oleh pemuda masjid dan sejumlah warga bergama Hindu, Minggu (24/12/2017)

AMBON,KOMPAS.com - Pelaksanaan ibadah Natal di kota Ambon berlangsung aman dan tertib, Minggu (24/12/2017) malam. Pelaksanaan ibadah Natal di Ambon semakin bermakna, setelah puluhan remaja masjid dan umat Hindu yang ada di ibu kota Maluku itu ikut mengamankan jalannya ibadah Natal di sejumlah gereja di Ambon.

Beberapa gereja yang ikut diamankan oleh remaja masjid dan umat Hindu, antara lain Gereja Maranatha, Gereja Silo, dan Gereja Katedral Xaverius. Mereka tidak hanya membantu aparat mengamankan ibadah Natal, tetapi juga mengatur arus lalu lintas.

Pantauan Kompas.com di Gereja Silo, para remaja masjid, umat Hindu, dan aparat kepolisian terlihat saling membaur. Mereka terus berjaga di halaman gereja hingga pelaksanaan ibadah Natal usai.

Setelah itu, mereka menyalami jemaah yang keluar dari dalam gereja. "Terima kasih banyak sudah menjaga katong (kami) di sini," kata beberapa jemaat.

Baca juga: Remaja Masjid dan Warga Hindu Ikut Amankan Ibadah Natal di Ambon

Salah seorang jemaat, Yohanes merasa terharu dengan yang ditunjukkan remaja masjid dan umat Hindu yang ikut menjaga gereja tempatnya mengikuti ibadah.

"Terharu saja pas waktu keluar gereja, ada basudara (saudara) Muslim dan Hindu yang berjaga di halaman gereja dan menyambut kami dengan sangat baik," ujarnya.

Pendeta Richard Luhukay juga merasa bangga dengan sikap toleransi yang ditunjukkan umat Muslim dan Hindu di Ambon untuk menjaga sejumlah gereja saat pelaksanaan ibadah Natal.

"Tahun ini agak sedikit berbeda, karena ada juga saudara kita umat Hindu yang ikut berpartisipasi menjaga gereja. Tentu ke depan kami berharap toleransi yang sangat baik ini akan terus dijaga," kata Richard.

Wujud toleransi antarumat beragama ini juga kerap dilakukan umat Kristiani saat perayaan malam takbiran di Ambon. Saat malam takbiran, pemuda gereja juga terlibat bersama aparat mengamankan malam Idul Fitri.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorKurnia Sari Aziza

Terkini Lainnya


Close Ads X