KBS Gelar Unjuk Keterampilan dalam Kampanye Pelestarian Gajah Sumatera

Kompas.com - 19/11/2017, 22:48 WIB
Gajah sumatera koleksi KBS unjuk kebolehan dalam aksi kampanye pelestariannya. KOMPAS.com/Achmad FaizalGajah sumatera koleksi KBS unjuk kebolehan dalam aksi kampanye pelestariannya.
|
EditorErwin Hutapea


SURABAYA, KOMPAS.com - Sekelompok gajah sumatera menunjukkan keterampilannya kepada pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS), Minggu (19/11/2017). Gonzales dan rekan-rekannya beraksi dari mengangkat kaki, duduk, berguling, hingga mengangkat belalai.

Sebanyak empat gajah sumatera koleksi KBS itu tampak cantik dengan aksesori penutup kepala dan kain penutup tubuh berwarna merah. Ratusan penonton sontak bertepuk tangan saat gajah-gajah tersebut beraksi di bawah instruksi Mahout atau instruktur gajah yang mendampingi.

Pertunjukan keterampilan gajah yang diperagakan Gonzales (6), Hilir (30), Lembang (39), dan Manis (40) itu digelar dalam rangka kampanye mencintai dan melestarikan gajah sumatera yang keberadaaannya saat ini mulai terancam. Pertunjukan itu bertajuk “Story of the Gentle Giant”.

Staf Humas KBS, Lely Widya Arishandi, mengatakan, saat ini gajah sumatera masuk daftar merah The International Union For Conservation of Nature (IUCN) sebagai spesies kritis.

"Karena itu, KBS mengajak berbagai pihak untuk peduli terhadap keberadaan gajah sumatera," katanya.

Aktivitas keseharian gajah sumatera, kata Lely, dirasa perlu dipertontonkan kepada masyarakat agar mereka tetap memiliki kepedulian dan pemahaman bahwa gajah sumatera tetep harus dijaga kelestariannya meskipun tidak banyak warga yang hidup di hutan dan melihat langsung aktivitas gajah.

"Kampanye ini tujuannya juga untuk memperkenalkan keanakaragaman hayati bumi Indonesia," ujar dia.

Adapun KBS mempunyai koleksi lima gajah sumatera. Selain Gonzales, Hilir, Lembang, dan Manis, juga ada Doa yang berusia 45 tahun.

Baca juga: Ada Kolam Renang, Risma Tolak Desain Baru Kebun Binatang Surabaya

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X