Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Konsep Riasan Kahiyang Ala Putri Solo yang Lebih Klasik"

Kompas.com - 30/10/2017, 13:12 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Ibu negara Iriana Joko Widodo menginginkan putrinya, Kahiyang Ayu, dirias ala putri solo klasik. Iriana mengharapkan riasan pernikahan putrinya dan calon suaminya Boby tidak mencolok. 

"Untuk konsep riasannya Mbak Kahiyang menggunakan Solo Putri yang lebih klasik. Ibu Iriana benar-benar menghendaki tata rias solo klasik dan asli. Tidak begitu nyolok. Sesuai dengan pakemya gaya Surakarta," ujar Ny HS Sumaryono di Gedung Graha Saba Buana di Solo, Senin (30/10/2017).

Pemilik Rias Cempaka Sari, HS Sumaryono dipilih keluarga Presiden Jokowi khusus merias Kahiyang Ayu dan Boby dalam rangkaian pernikahan mulai Selasa (7/11/2017) hingga Rabu (8/11/2017).

Sumaryono mencontohkan, saat acara malam midodareni, Kahiyang akan dirias sederhana dan tanpa mengenakan perhiasan. Hal itu dilakukan lantaran ada cerita khusus sehingga putri semata wayang Jokowi itu dirias sederhana.

"Ada ceritanya tetapi tidak akan kami kemukakan di sini," ujar Sumaryono.

(Baca juga : Pernikahan Kahiyang dan Boby, Presiden Jokowi Sewa 5 Perias Asli Solo)

Kahiyang Ayu dan Bobby menghadiri pernikahan penyanyi Vicky Shu dan Ade Imam di Candi Borobudur, Magelang,  Sabtu (23/9/2017) malam. KOMPAS.com/Ika Fitriana Kahiyang Ayu dan Bobby menghadiri pernikahan penyanyi Vicky Shu dan Ade Imam di Candi Borobudur, Magelang, Sabtu (23/9/2017) malam.
Saat malam resepsi, pasangan Kahiyang dan Boby akan mengenakan pakaian adat kebesaran Keraton Surakarta. Sefangkan untuk menghias pengantin, Sumaryono dibantu beberapa asistennya.

Sumaryono mengaku, ia bersama asistennya hanya merias dan memakaikan busana pengantin. Sementara busana, disediakan keluarga Presiden Jokowi.

"Busananya milik Pak Jokowi dan Ibu Iriana. Saya hanya memakaikan saja. Terkecuali ada kurang sedikit-sedikit," ungkap Sumaryono.

(Baca juga : Persiapan Pernikahan Kahiyang, Jokowi Tak Ambil Cuti)

Ia mengungkapkan, seluruh busana yang diperlukan sudah disiapkan dan diatur Gibran, saudara Kahiyang. 

Perias Kahiyang, Sumaryono sendiri sudh menggeluti bidang tata rias dan busana pengantin sejak 1982. Ia pun memiliki lembaga kursus yang sudah berdiri sejak 1987. 

Kompas TV Dalam kesempatan tadi juga ditunjukkan undangan pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com