Wisata Unik di Lembata, Setiap Hari Lihat Letusan Gunung dan Tsunami

Kompas.com - 30/10/2017, 07:47 WIB
Pulau Komba lokasi Gunung Batutara di Kabupaten Lembata.screenshot google maps Pulau Komba lokasi Gunung Batutara di Kabupaten Lembata.

LEWOLEBA, KOMPAS.com - Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki satu tempat wisata unik, yakni di Gunung Api Batutara.

Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday mengatakan, gunung berapi ini berada di Pulau Komba, sebuah pulau yang sekaligus gunung.

Gunung tersebut, lanjutnya, terletak di Laut Flores sebelah utara Pulau Lembata.

"Keunikan Gunung Batutara adalah meletus setiap 20 menit, disertai lahar panas pijar membara dan membentuk bunga api yang indah disertai tsunami kecil tetapi tidak membahayakan dan dapat disaksikan dari jarak lebih kurang 20 meter," kata Thomas kepada Kompas.com, Minggu (29/10/2017) malam.


Menurut Thomas, aktivitas gunung ini berlangsung sepanjang hari tiada henti. Paling indah disaksikan pada malam hari, terutama di saat magrib dan subuh.

Jarak tempuh dengan kapal cepat dari Lewoleba, ibu kota Kabupaten Lembata sekitar 90 menit.

Gunung Ile Batutara merupakan salah satu dari tiga gunung di dunia dengan keunikan yang sama. Selain di Lembata, gunung unik berada di Sisilia dan Atlantik.

Baca juga : Status Gunung Ile Lewotolok di Lembata Naik Menjadi Waspada

Pada tanggal 20 Oktober 2017, Gunung Ile Batutara dikunjungi oleh 35 wisatawan asing dari Amerika Latin.

"Kami mengajak semua wisatawan domestik untuk menjadi orang pertama yang mengunjungi dan menikmati keajaiban dan keunikan Ile Batutara, sebelum wisatawan mancanegara menikmatinya," sebutnya.

Anda tertarik untuk menikmati sensasi wisata gunung berapi? Silakan berkunjung ke Gunung Batutara.




Close Ads X