Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menang Undian 30 Gram Emas, Tukang Becak Bersyukur Tak Jadi Buang Tutup Botol Minuman

Kompas.com - 20/10/2017, 16:11 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Parjimin (58), warga Desa Mutihan, Kecamatan Gantiwarno, senang bukan main. Pria yang sehari-hari berprofesi sebagai tukang becak itu menerima hadiah 30 gram emas dari undian sebuah minuman kemasan asal Thailand yang dibelinya seharga Rp 5.000 di sebuah toko kelontong di sekitar tempatnya mangkal.

“Saat beli minumannya, tidak terlalu memperhatikan. Karena memang haus, jadinya asal beli,” ungkapnya, Kamis (19/10/2017).

Parjimin yang biasa mengoperasikan becaknya di sekitar Stasiun Tugu itu pun bersyukur tak jadi membuang tutup botol minuman kemasan yang dibelinya.

Pria yang mengaku penglihatannya kurang awas itu hampir saja membuang tutup botol keberuntungan itu jika tidak diingatkan temannya sesama tukang becak yang penasaran dengan tulisan yang tertulis di tutup botol plastik itu.

“Awalnya tidak memperhatikan, tapi pas dicek ternyata dapat hadiah emas,” katanya.

Setelah mengonfimasi hal tersebut ke pihak distributor minuman kemasan itu, dia mengaku kaget sekaligus senang karena ternyata kabar itu benar.

(Baca juga: Pak Dar, Kakek Tukang Becak yang Kerap Sabet Juara Lari di Ajang Internasional)

Dia bersama empat pembeli beruntung lainnya menerima emas, yang terdiri dari tiga keping dengan berat masing-masing 10 gram itu langsung dari pihak distributor minuman kemasan selaku pihak penyelenggara undian. Penyerahan dilakukan di Pasar Induk Klaten, Kamis.

Parjimin berencana menukarkan emas tersebut dengan uang tunai untuk dibelikan becak motor.

Keinginan memiliki becak motor sendiri sudah lama diimpikan karena selama ini becak motor yang digunakan untuk mencari nafkah merupakan becak sewaan.

“Sehari rata-rata cuma dapat Rp 50.000, itu pun harus dikurangi biaya sewa Rp 15.000 per hari. Kalau punya sendiri kan hasilnya tidak dikurangi,” ujarnya.

Sementara itu, Digital Communication Manager Ichitan Indonesia, Friza Reihan, mengatakan, program ini merupakan periode kedua setelah sebelumnya sukses menggelar program mendadak jutawan dengan total hadiah Rp 300 juta.

“Untuk program Harap-harap Emas kami menyiapkan total hadiah 3 kilogram emas. Saat ini baru ada 16 pemenang dari total 100 orang pemenang,” katanya.

Menurut dia, program ini bukan semata-mata promosi produk dari brand minuman kemasan yang masuk ke Indonesia pada 2014 ini. Namun juga sebagai kegiatan sosial dari perusahaan ini.

“Tujuan utamanya adalah membantu masyarakat khususnya untuk peningkatan ekonomi,” ujarnya.


Berita ini telah tayang di Tribun Jogja, Jumat (20/10/2017), dengan judul: Kisah Tukang Becak Ketiban Rejeki Nomplok, Tiba-tiba Diberi Emas Seberat 30 Gram

 

 

 

Kompas TV Para tukang becak mengaku sangat senang dan bahagia dapat bertemu presiden dan mendapatkan paket kebutuhan pokok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com