Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernikahan Kahiyang-Bobby, 6 Kereta Kuda Disiapkan

Kompas.com - 18/10/2017, 11:03 WIB

SOLO, KOMPAS.com -  Segala persiapan untuk pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, terus dilakukan. Mulai dekorasi gedung hingga mempersiapkan kereta kencana pengantar mempelai.

Untuk urusan kereta kencana, keluarga Jokowi menunjuk Anwar Muhtadi, seorang kakek berusia 67 langganan sang Presiden. Anwar pernah mengurus iring-iringan kereta kencana saat pelantikan Jokowi menjadi gubernur dan presiden.

Warga Laweyan Solo itu telah menyiapkan enam kereta kuda. Satu di antaranya adalah kereta kencana. "Keretanya sebanyak enam buah, lalu kudanya ada 12, dan sebanyak 20 kru yang akan mengiringi prosesi pernikahan tersebut," kata Anwar, Selasa (17/10/2017).

Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan dua kereta dalam pernikahan sulung Jokowi, Gibran-Selvi 2015 lalu, yang juga diurus oleh Anwar.

Baca juga: Cerita Cinta Kahiyang Ayu dan Bobby, dari Kenalan hingga Akan Menikah...

Menurut dia, kereta kuda tersebut, akan disiagakan di dua tempat terpisah. Yakni di Hotel Alila, sebagai hotel tempat Bobby Nasution dan keluarga menginap, dan Loji Gandrung, tempat Kahiyang dan keluarga Presiden Jokowi.

Secara teknis sebutnya, arak-arakan kereta kuda dilaksanakan di kedua tempat tersebut, dan berakhir di Gedung Graha Saba, tempa Kahiyang dan Bobby Nasution melangsungkan akad dan resepsi.

Akan ada 3 kru di masing-masing kereta kuda yang dipersiapkan. "Jadi yang keluarga besan dan pengantin pria dari Alila menuju ke Graha Saba. Sedangkan keluarga Presiden beserta pengantin wanita dari Loji Gandrung ke Graha Saba. Terkait jalan mana saja yang dilalui, saya belum mengetahui secara pasti. Yang pasti, kereta kencana nanti ditunggangi oleh pengantin wanita," katanya.

Adapun kuda yang dipakai untuk menarik kereta kencana adalah kuda jantan berwarna putih. "Kuda berwarna putih itu memiliki arti kegagahan yang disertai kelembutan. 12 kuda semuanya jantan, tapi yang putih hanyalah 2 kuda yang menarik kereta kencana,"  ujar dia.
(Tribun Jateng/Akbar Hari Muktia)

Berita ini sudah tayang di Tribun Jateng dengan judul Jelang Pernikahan Kahiyang, Akan Ada Enam Kereta yang Mengarak Pengantin

Kompas TV Persiapan dekorasi gedung resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby, terus dikebut pembuatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com