Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diguyur Hujan Dua Jam, Kota Wonomulyo Polewali Mandar Terendam Banjir

Kompas.com - 12/10/2017, 09:47 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Diguyur hujan dua jam, kota Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar dan sekitarnya langsung tergenang banjir hingga setinggi 50 centimeter.

Kananal-kanal, saluran irigasi dan got yang tersumbat lumpur dan tumpukan sampah-sampah bawaan termasuk sampah rumah tangga yang dibuang serampangan membuat kawasan permukiman di kelurahan Siriodadi Womulyo, Polewali Madar, ini tergenang banjir, Kamis (12/10/2017).

Warga pun ramai-ramai mengungsikan barang dan perabotan rumah tanga mereka ke tempat yang lebih tinggi agar tidak terendam banjir hingga setinggi 30 centimeter di dalam rumah.

Hafid Saleh, salah satu warga Kelurahan Sirodadi, Wonomulyo, yang rumahnya tergenang banjir mengaku setiap musim hujan, warga di lingkungannya stres. Sebab, hujan beberapa jam saja membuat permukiman mereka terendam banjir.

“Hujan beberapa jam saja langsung banjir. Penyebabnya karena saluran, kanal dan got tertimbun lumpur dan sampah. Kalau tidak dikeruk akan seterusnya jadi pemicu banjir,” keluh Hafid.

Menurut Hafid, sedimentasi aliran sungai, kanal dan got yang tergenang ribuan kubik lumpur dan tak pernah dikeruk menyebabkan permukiman warga diterjang banjir setiap musim hujan.

Baca juga: Musim Hujan, Kendal Rawan Banjir dan Longsor

Hafid berharap pemerinta segera menormalisasi sungai, saluran irigasi dan got-got yang tertutup lumpur serta sampah.

Tak hanya permukiman warga, sejumlah fasilitas umum dan kantor pemerintah seperti kantor Kecamatan Wonomulyo juga tergenang banjir.

Sejumlah ruas jalan juga terkena banjir yang menyebakan arus lalu lintas terhambat.

Kompas TV Dari Cimahi Jawa Barat, banjir yang menggenangi ruas Tol Purbaleunyi km 130 mulai surut.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com