Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Johan Budi: Belum Ada Surat Pengunduran Diri Mensos Khofifah

Kompas.com - 09/10/2017, 10:10 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Meski sudah mendapatkan dukungan dari Partai Golkar, Khofifah Indar Parawansah, tercatat belum mengajukan surat pengunduran diri kepada Presiden Jokowi.

Kata Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi, Johan Budi, Menteri Sosial itu memang sempat mengutarakan maksudnya untuk kembali maju di Pilkada Jatim kepada Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

"Tapi untuk surat resmi pengunduran diri dari kabinet, sampai saat ini Istana belum menerima," katanya saat mendampingi Presiden Jokowi di Surabaya, Minggu (8/10/2017) malam.

Mantan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu mengaku lupa waktu Khofifah menyampaikan rencananya itu secara lisan kepada Presiden Jokowi.

"Yang pasti saat ada pertemuan khusus antara presiden dan Bu Mensos," ucapnya.

Baca juga: Pilkada Jatim, Golkar Beri Kesempatan Khofifah Sodorkan 3 Nama Wakil

Khofifah dipastikan akan "running" Pikada Jatim untuk ketiga kalinya, setelah 2 kali mengalami kekalahan. Partai Golkar adalah partai pertama yang menyatakan akan mendukung Khofifah di Pilkada Jatim 2018.

Berdasarkan catatan Kompas.com, dua kekalahan Khofifah terjadi pada Pilgub Jatim 2008, saat itu Khofifah yang berpasangan dengan Mudjiono dan diusung PKB, kalah dari duet Soekarwo dan Gus Ipul.

Baca juga: Klaim Dapat Restu Jokowi, Golkar Mantap Usung Khofifah

Kemudian, di Pilgub Jatim 2013, Soekarwo-Gus Ipul kembali unggul atas Khofifah yang berpasangan dengan Herman Surjadi Sumawiredja.

Kompas TV Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, mengaku akan mengajukan pengunduran dirinya dari kabinet kerja Jokowi JK, setelah semua persiapan menuju pilkada 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com