Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buya Syafii: Acara di YLBHI Oke-oke Saja...

Kompas.com - 18/09/2017, 22:37 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Minggu (17/09/2017) malam di kepung oleh ratusan orang. Mereka menuding acara diskusi di tempat ini sebagai agenda Partai Komunis Indonesia (PKI) sehingga harus dibubarkan.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif mengatakan, acara yang digelar di Kantor YLBHI tidak ada yang patut dipermasalahkan dan dikhawatirkan. "Menurut saya (acara di YLBHI) oke-oke saja," ujar Buya Syafii Maarif, Senin (18/9/2017).

Guru Besar Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini menyebutkan, dirinya tidak melihat adanya ancaman komunisme tersebut. "Mungkin ya, ada sisa-sisa masa lampu ideologi itu. Tetapi untuk di khawatirkan mengancam negara, saya kok tidak melihat ancaman itu," ucapnya.

Buya Syafii justru menilai massa yang mengepung Kantor YLBHI mungkin bisa berasal dari kelompok-kelompok radikal.  "Itu siapa massa itu? Massa itu mungkin kelompok-kelompok radikal juga bisa, mereka merangkap sebagai polisi swasta. Itu yang menurut saya juga patut harus di antisipasi oleh aparat Kepolisian," katanya.

Baca juga: Soal Pengepungan YLBHI, Jokowi Minta Masyarakat Tak Main Hakim Sendiri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com