Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Tukik Penyu Lekang dan Satu Penyu Hijau Dewasa Dilepasliarkan

Kompas.com - 11/09/2017, 22:43 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com - 70 ekor anakan penyu (tukik) dan seekor dewasa dilepas di Pantai Tambo’o kawasan Cagar Alam Tanjung Panjang, Kabupaten Pohuwato.

Tukik yang dilepasliarkan adalah hasil relokasi tetasan di Resor Cagar Alam Panua. Tukik ini berjenis penyu lekang (Lepidochelys olivacea) berumur 1 bulan.

“Pelepasliaran ini dilakukan setelah penetasan hasil relokasi berhasil baik,” kata Tatang Abdullah, kepala Resor Cagar Alam Tanjung Panjang-Panua, Senin (11/9/2017).

Pelepasliaran ini juga dihadiri staf Direktorat Pencegahan dan Pengamanan Hutan, Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH), dan Pemerintah Daerah.

Seekor penyu dewasa jenis hijau (Chelonia mydas) betina turut dilepasliarkan di Pantai Tambo’o.

Baca juga: Ribuan Telur Penyu Ditetaskan di Pantai Boom Banyuwangi

“Penyu hijau betina dewasa ini adalah hasil penyerahan nelayan setempat beberapa waktu yang lalu. Kami terus melakukan edukasi kepada masyarakat untuk proaktif terhadap upaya konservasi,” kata Fachriany Hasan, penyuluh BKSDA Gorontalo.

Kompas TV Bayi – bayi penyu ditemukan pemandu wisata yang tiap hari berada di Pantai Pemaron.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com