Lucunya Kelakar Siswa Penerima Kartu Indonesia Pintar

Kompas.com - 24/08/2017, 12:40 WIB
Siswa SMP di Bengkulu seusai menerima KIP di Kota Bengkulu. KOMPAS.com/FIRMANSYAHSiswa SMP di Bengkulu seusai menerima KIP di Kota Bengkulu.
|
EditorReni Susanti

BENGKULU, KOMPAS.com - Pembagian dana Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SMP Negeri 12 Kota Bengkulu berlangsung ramai dihadiri para orangtua dan siswa.

Sebelum pembagian, Direktur SMP Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian dan Kebudayaan, Supriano di hadapan orangtua siswa dan murid menyebutkan bahwa dana tersebut digunakan untuk kebutuhan sekolah.

"Dananya harus dimanfaatkan untuk kebutuhan sekolah ya," kata Supriano, Kamis (24/8/2017).

Pembagian yang difasilitasi Bank BRI itu berlangsung lancar. Beberapa siswa penerima tampak tersenyum dan sumringah.

(Baca juga: KJP Dicabut, Siswa-Siswi Pelaku Bullying akan Diberikan KIP)

Heri salah seorang siswa penerima berkelakar di hadapan teman-temannya bahwa uang yang diterima akan dibelikannya knalpot motor balap. Rencana Heri itu tentu saja ditentang oleh siswa lain.

"Tidak boleh dibelikan seperti itu, belikan untuk keperluan sekolah," kata rekan Heri, Anto.

Anto, melanjutkan kalau Heri belikan knalpot motor uang tersebut maka Anto mengancam melaporkan ke kasir BRI agar uang tak dicairkan.

"Kalau kamu belikan knalpot saya laporkan kamu agar uangnya tidak boleh dicairkan," ancam Anto berkelakar.

Mendapatkan kelakar itu, Heri menyebutkan, sesungguhnya uang itu akan ia manfaatkan untuk membeli sepatu baru dan buku. "Lihatlah om sepatu saya sudah jelek, uang ini mau saya belikan sepatu dan buku," kata Heri pada Kompas.com.

(Baca juga: Mendikbud Klaim Penerima KIP Capai 80 Persen)

Direktur SMP Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian dan Kebudayaan, Supriano, mengungkapkan, KIP merupakan bagian program Nawacita Presiden Joko widodo dan Jusuf Kalla.

Secara nasional ada 17,9 juta anak sekolah menerima KIP yang diberikan dalam bentuk tabungan. "Di Provinsi Bengkulu ada 23.160 siswa penerima, sedangkan di Kota Bengkulu terdapat 4.356 siswa penerima," tutupnya.

Kompas TV Jokowi Bagikan Ribuan Kartu Indonesia Pintar di Temanggung

 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X