Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Jemaah Haji Nyanyikan "Indonesia Raya" di Dalam Pesawat

Kompas.com - 17/08/2017, 22:11 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Perjalanan menuju Mekkah, Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji tidak menyurutkan semangat para calon jemaah haji Indonesia untuk memperingati detik-detik Proklamasi.

Setidaknya itulah yang dilakukan oleh para jemaah calon haji asal Kabupaten Semarang dan Kabupaten Grobogan, Kamis (17/8/2017) waktu setempat.

Sebuah video berdurasi 2 menit 40 detik menggambarkan betapa semangatnya para jemaah calon haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 64 embarkasi Donohudan Boyolali ini menyanyikan lagu Indonesia Raya di atas pesawat.

Dalam video tersebut terlihat seorang perempuan yang bertindak sebagai dirigen untuk memimpin para jemaah menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sebagian jemaah, baik laki-laki maupun peremuan berdiri dari kursinya.

Merinding, begitulah komentar Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Semarang Bondan Marutohening (44) saat dimintai tanggapannya mengenai video yang dikirim oleh Bambang Kurniadi, jemaah calon haji asal Ungaran Timur Kabupaten Semarang ini.

Baca: Nyanyian Indonesia Raya Persembahan Anak-anak Nelayan...

"Merinding mas. Bahwa rasa nasionalisme mereka sangat tinggi, ditengah-tengah perjalanan menunaikan ibadah haji masih sempat memperingati kemerdekaan RI," kata Bondan, Kamis sore.

Bondan mengaku mendapat kiriman video tersebut langsung dari Bambang Kurniadi, Kamis pagi. Saat itu dirinya baru saja mengikuti upacara detik-detik Proklamasi di Stadion Wujil, Ungaran.

Bambang Kurniadi yang juga Kepala Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Semarang ini nampak mengambil gambar dengan kamera ponselnya.

Ia mengarahkan kameranya ke seluruh isi pewasat saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Selain menyanyikan lagu ciptaan WR Soepratman itu, para calon jemaah haji juga diajak untuk mengheningkan cipta.

Baca: Indonesia Raya? dan ?Rayuan Pulau Kelapa? Bergema di Atlanta

Pada akhir video tersebut, mantan Camat Ungaran Timur ini membuat pernyataan tentang kegiatan tersebut.

"Itu agenda merayakan hari kemerdekaan Indonesia. karena situasi saat ini sedang di pesawat maka kami mengadakan peringatan itu didalam pesawat dengan kondisi seadanya dan yang utama menyanyikan lagu Indonesia Raya serta mengheningkan cipta untuk para pahlawan yang telah mendahului kita," kata Bambang setelah dalam posisi duduk.

"NKRI Harga Mati! Merah Putih Harga Mati! Merdeka!" ujar Bambang di video tersebut.

 

 

Kompas TV Menggunakan Sosial Media untuk Merajut Keberagaman (Bag 1)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com