Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Jatim, Siapa Pendamping yang Cocok untuk Khofifah?

Kompas.com - 29/07/2017, 13:31 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Khofifah Indar Parawansah belum tegas terkait pencalonan dirinya untuk maju di Pilkada Jatim 2018. Namun sejumlah nama mulai bermunculan sebagai cawagub yang cocok dipasangkan dengan Menteri Sosial itu.

Nama-nama calon pasangan Khofifah itu muncul dari kalangan politisi partai yang duduk sebagai wakil rakyat di senayan, seperti Fandi Utomo (Partai Demokrat), Hasan Aminudin (Partai Nasdem), dan Ridwan Hisyam (Partai Golkar).

Dari 3 nama yang muncul, pengamat politik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Hari Fitrianto, menilai nama Fandi Utomo sebagai cawagub ideal jika disandingkan dengan Khofifah.

Alasannya, wakil ketua Komisi II DPR itu dikenal sosok nasionalis. "Sementara Khofifah adalah representasi religius," katanya Sabtu (29/7/2017).

Baca juga: Khofifah Disebut Akan Ambil Formulir Pilkada Jatim Lewat Demokrat

Pilkada Jatim kata dia, akan "selesai" jika ada pasangan yang mewakili kelompok nasionalis dan religius.

"Karena kultur politik Jatim didominasi basis massa nasionalis dan religius," ucapnya.

Selain nama-nama politisi senayan di atas, nama cawagub yang secara umum muncul antara lain, Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi), Kusnadi (Ketua PDIP Jatim), dan Budi Sulistyono (Bupati Ngawi).

Kompas TV Menanggapi majunya Khofifah dalam bursa calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf mengaku siap bertarung dengan siapa saja.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com