Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabrak Candi Kidal, Pengemudi Mobil Kia Minta Maaf

Kompas.com - 25/07/2017, 18:13 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Polisi mendatangi kediaman Joko Agus Gunawan (35), pengendara mobil yang menabrak Candi Kidal di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Selasa (25/7/2017) dini hari.

Kapolsek Tumpang AKP Yusuf Suryadi mengatakan, pengendara mobil Kia Karnival nopol BE 2844 GH itu sudah meminta maaf atas kejadian tersebut. Kepada polisi, pengendara itu mengaku mengalami halusinasi saat kejadian.

"Dia (pengendara) minta maaf terus, minta maaf terus," katanya, Selasa (25/7/2017).

(Baca juga: Viral Mobil Tabrak Candi Kidal, Polisi Sebut Sopir Alami Halusinasi)

Kanit Laka Lantas Polres Malang Ipda Yoyok Supandi mengatakan, polisi masih mengumpulkan bukti dan keterangan saksi di tempat kejadian perkara.

Arkeolog Universitas Negeri Malang Dwi Cahyono yang mendatangi lokasi kejadian mengatakan, kerusakan yang terjadi pada candi peninggalan Kerajaan Singasari itu tidak terlalu parah. Hanya saja, ada dua bagian arsitektural di bagian depan candi yang rusak.

"Terlepas dari apa penyebab peristiwa, kejadian ini memang menyebabkan kerusakan secara arsitektural," katanya.

Selain itu, sebagian bangunan terlihat sedikit terdorong ke dalam.

"Struktur ini terdesak ke belakang," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah mobil menabrak Candi Kidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Selasa (25/7/2017) dini hari. Sesaat sebelumnya, mobil itu melaju dari arah selatan, kemudian menabrak pagar kompleks candi hingga hancur.

Mobil itu lalu memasuki halaman candi dan menabrak bagian depan Candi Kidal. Akibat kejadian itu, bagian depan mobil hancur.

 

Kompas TV Sejarah Panjang Masjid Tuha Indrapuri di Aceh
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com