Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Sengaja Dibakar, Lahan Gambut di Aceh Barat Kembali Membara

Kompas.com - 20/07/2017, 21:49 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Sekitar 50 hektar lahan gambut yang berada di wilayah Duson Ujong Beurasok, Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat kembali terbakar sejak Rabu (20/07/17) malam.  Hingga kini masih terpantau titik api kebakaran lahan terus meluas.

Kebakaran lahan yang terjadi sejak tadi malam itu sekitar 50 hektar, kemudian tadi malam saya langsung ke lokasi untuk melihat titik api,” kata Zainudin, Kepala Dusun Ujong Beurasok, Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Kamis (20/07/17).

Menurut Zainudin, titik api kebakaran lahan itu sangat sulit untuk dilakukan upaya pemadaman karena lokasi gambut dan tidak memiliki sumber air di sekitar lokasi. Ia khawatir api akan terus meluas ke lahan perkebunan sawit warga.

“Ini terus meluas titik apinya, sehingga lahan tanaman sawit warga yang berada di sekitar lokasi kebakaran itu sangat rawan terbakar,” katanya.

Baca juga: Pemadaman Kebakaran Lahan Gambut di Aceh Terkendala Jangkauan Selang Air

Sementara Danramil Johan Pahlawan, Kapten Infantri Sudarsono mengatakan, kebakaran lahan gambut itu diduga sengaja dibakar oleh pemiliknya untuk pembukaan lahan baru itu tersebar sebanyak empat titik api.

“Diduga ini sengaja dibakar untuk pembukaan lahan baru, namun sampai sekarang belum kita ketahui pemilik lahan yang terbakar itu, sedang kita data,” katanya.

Untuk melakukan upaya pemadaman, kata Sudarsono, sejumlah prajurit TNI dari Koramil Johan Pahlawan dan Polsek setempat dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api. Namun hingga kini api belum berhasil dipadamkan.

“Kita telah melakukan upaya pemadaman dengan alat seadanya di lokasi yang dekat dengan jalan. Namun api sulit dipadamkan karena lokasi terbakar itu gambut, kemudian cuaca pun sejak sebulan terakhir ini kemarau,” ujarnya.

Sudarsono menyebutkan, kebakaran lahan gambut di Kabupaten Aceh Barat  merupakan yang kedua kalinya tahun ini.

Baca juga: Cuaca Terik, Kebakaran Lahan Gambut di Aceh Barat Meluas

Sebelumnya kebakaran juga terjadi pada awal bulan lalu, namun titik api kebakaran lahan gambut yang diduga sengaja dibakar untuk pembukaan lahan baru itu padam saat diguyur hujan selama tiga hari.

“Pengamanan saat kebakaran bulan lalu api sulit dapat kita padamkan kecuali turun hujan, karena lokasi tidak ada sumber air dan sulit dijangkau,” ujarnya

Kompas TV Kebakaran lahan gambut kembali terjadi di Kabupaten Aceh Barat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com