Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Ribu Lebih PNS Aceh Utara Belum Terima Gaji ke-13

Kompas.com - 15/07/2017, 11:16 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Sebanyak 10.300 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari berbagai golongan di Kabupaten Aceh Utara, hingga Sabtu (15/7/2017) belum menerima gaji ke-13 pada tahun 2017 ini.

Padahal, daerah lainnya yang dekat dengan daerah itu, seperti Kabupaten Bireuen dan Kota Lhokseumawe telah membayar gaji tersebut.

“Kami heran juga kenapa gaji 13 belum dibayarkan. Alasan defisit keuangan itu tidak masuk akal. Lhokseumawe lebih defisit dari Aceh Utara, tapi mereka sudah dibayarkan gaji 13 nya,” sebut seorang PNS di Aceh Utara yang tak ingin disebutkan namanya kepada Kompas.com.

Dia menyebutkan, mayoritas pegawai di kabupaten itu telah mengambil kredit pada sejumlah bank. Sehingga gaji pokok mereka nyaris harus dipotong oleh pihak bank.

Baca: Tak Hanya TKD, Djarot Juga Ancam Tak Cairkan Gaji Ke-13 PNS yang Bolos

“Kalau ada gaji 13 itu sangat membantu. Apalagi ini tahun ajaran baru, bisa kami gunakan uang itu untuk biaya kebutuhan anak sekolah. Ini kita harus meminjam uang dulu untuk bayar kebutuhan sekolah anak-anak,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Aceh Utara, Abdul Aziz menyebutkan pihaknya berusaha segera membayar gaji tersebut. Dibutuhkan dana Rp 40,8 miliar untuk membayar gaji 13 tersebut.

“Kita usahakan bulan ini bisa dibayarkan. Namun tergantung keuangan daerah juga. Kalau tidak mencukupi, maka akan kita bayar tahun depan. Ini sesuai dengan peraturan menteri keuangan yang menyebutkan waktu pembayaran sesuai kemampuan keuangan daerah,” pungkasnya.

Baca: Pemkot Depok Siapkan Rp 64 Miliar untuk Gaji 13 dan 14 PNS

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com