Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolri Puji Anak Buahnya karena Gagalkan Penyelundupan Sabu 1 Ton

Kompas.com - 13/07/2017, 15:06 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian memuji jajarannya karena berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sabu dari China seberat 1 ton, di Serang, Banten.

"Saya sampaikan apresiasi karena itu cukup besar. Apresiasi kepada tim penangkap," kata Tito, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (13/7/2017).

Sebagai pucuk pimpinan kepolisian, Tito menegaskan bahwa pihaknya tidak akan menoleransi upaya penyelundupan narkotika jenis apapun Indonesia. Polisi akan bertindak tegas, termasuk melakukan penembakan terhadap narkoba yang melakukan perlawanan.

"Pokoknya bandar melawan, selesaikan saja. Tidak apa-apa, lanjutkan," ujar mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Terungkapnya penyelundupan sabu 1 ton itu, sambung Kapolri, menegaskan bahwa Indonesia masih menjadi surga bagi penyeludupan narkotika jaringan internasional. Oleh karenanya, pihak kepolsian akan terus mengungkap kasus tersebut. 

Baca juga: Polisi Gagalkan Penyelundupan 1 Ton Sabu dari China

Keberhasilan menangkap itu berkat kerjasama apik dari tim gabungan dari Polda Metro Jaya beserta Polres Depok. Pengungkapan sabu hingga 1 ton itu menjadi yang terbesar di tahun 2017.

Operasi penyelundupan narkoba dilakukan di tepi pantai dekat Hotel Mandalika, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang Kamis dini hari.

Operasi itu berhasil menangkap tiga orang asal China. Satu orang bandar narkoba asal China bernama Lin Ming Hui ditembak mati karena coba melawan polisi saat hendak diamankan petugas.

Sementara dua pelaku lain juga berhasil ditangkap yaitu Chen Wei Cyuan dan Liao Guan Yu. Polisi saat ini masih mengejar satu pelaku lain yang masih buron.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com