Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Minggu, Lansia Sebatang Kara di Bandung Bakal Ditemani Anak Muda

Kompas.com - 15/06/2017, 14:06 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung meluncurkan program di bidang sosial yang diberi nama Minggu Lansia.

Program yang rencananya akan diluncurkan pada Jumat (16/5/2017) besok itu telah diumumkan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil lewat akun sosial media Instagramnya, Kamis (15/6/2017).

Dalam postingan itu, pria yang kerap disapa Emil itu menjelaskan bahwa program Minggu Lansia merupakan program Pemkot Bandung dimana seorang lansia yang sebatang kara akan ditemani seorang relawan anak muda seharian pada hari Minggu.

"Ditemani car free day atau piknik, ditemani curhat, menulis, mengaji, apapun yang membuat orang tua kita bahagia di masa tuanya," ujar Emil.

Masih dalam postingannya, Emil mengatakan sudah ada 1.300 relawan yang bersedia terlibat dalam program tersebut. Dia pun mengajak kepada masyarakat Kota Bandung dan luar Bandung untuk ikut terlibat program sosial itu.

"Apakah ada lagi anak muda Bandung atau anak muda Bandung yang mau beramal waktu dengan gabung jadi relawan? Kontak 0813-2224-1965 via Ibu Irma," ucapnya.

(Baca juga: Ridwan Kamil: Rumah Sakit Swasta Kadang Cuek)

Program Minggu Lansia merupakan salah satu hasil dari Kongres Lansia yang digelar di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, pada 25 Februari 2017 lalu.

Dalam acara itu, Emil mengatakan, program itu merupakan terjemahan dari aspirasi sejumlah organisasi lansia di Kota Bandung yang ia terima.

Minggu Lansia adalah gerakan dari relawan kalangan anak muda untuk menemani para lansia agar terus aktif berkegiatan. Dari menemani berbincang hingga mengajak beraktivitas di luar rumah.

"Ada Minggu Lansia, nantinya tiap hari Minggu lansia yang kesepian akan ditemani kegiatan sosialnya oleh relawan muda. Karena ada 194 ribu lansia di Bandung yang tercatat. 200-an yang masuk panti jompo dan 2.000 jiwa yang berpotensi masuk panti jompo," tutur Emil.

 

Kompas TV Survei Elektabilitas Jelang Pilkada Jabar 2018
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com