Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SAR Nias Temukan 2 Nelayan yang Terjebak di Perairan Gunungsitoli

Kompas.com - 31/05/2017, 11:13 WIB
Hendrik Yanto Halawa

Penulis

GUNUNGSITOLI, KOMPAS.com – Dua nelayan yang terjebak cuaca buruk selama lebih dari lima jam diselamatkan Badan SAR Nasional, Pos SAR Nias. Kedua nelayan tersebut terjebak karena perahu yang ditumpanginya rusak di perairan Gunungsitoli. 

Koordinator Pos SAR Nias, Bobby Purba mengatakan, dua nelayan itu yakni Ainun Rasyid Baeha (50) serta Lindungi Dakhi (35). Kedua nelayan asal Kota Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan tersebut diselamatkan Rabu (31/5/2017) dini hari. 

Bobby menjelaskan, kedua nelayan itu bertolak dari Kepulauan Banyak, Nanggroe Aceh Darussalam menuju Teluk Dalam, Sumatera Utara, menggunakan perahu body batang 2 GT dan melintasi perairan Gunungsitoli.

"Sejak siang, kedua nelayan ini bertolak dari Kepulauan Banyak dan mengalami kerusakan pada mesin," Koordinator Pos SAR Nias, Bobby Purba, Rabu (31/5/2017).

(Baca juga: 6 Nelayan di NTT Hilang Kontak Saat Mencari Ikan, Keluarga Lapor SAR)

Tujuh orang anggota tim SAR yang mendengar informasi tersebut langsung menuju ke Perairan Gunungsitoli. Tim SAR menemukan keduanya dalam keadaan selamat. 

"Kedua nelayan ini ditemukan dalam kondisi selamat. Hanya saja perahu mereka tidak bisa kembali ke darat karena perahu yang mereka ditumpangi mengalami kerusakan mesin, dan kesulitan menarik ke darat karena cuaca buruk," pungkasnya.

(Baca juga: SAR Bandung Sebut 2 Orang Tewas akibat Tabrakan Beruntun di Cipularang)

Kompas TV Korban ledakan kapal jukung dan SPBU terapung yang terjadi di Kabupaten Banyuasin, Selasa (16/5) bertambah jadi dua orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com