Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Terima Penghargaan Tertinggi dari Unnes

Kompas.com - 30/03/2017, 17:02 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Universitas Negeri Semarang (Unnes) memberikan anugerah tertinggi berupa Upakarti Artheswara Adhikarana kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebagai tokoh yang dinilai membawa perubahan positif bagi bangsa Indonesia.

Pemberian penghargaan dilakukan di sela peringatan Dies Natalis ke-52 kampus tersebut, Kamis (29/3/2017).

Sri Mulyani dinilai berjasa karena berperan sebagai pelopor reformasi birokrasi dalam Kementerian Keuangan. Kemenkeu dinilai sebagai kementerian yang bersih, transparan, dan berintegritas.

Selain itu, mantan Direktur Bank Dunia ini dinilai positif mampu menjadi sosok arsitek kebijakan ekonomi Indonesia. Kiprah pemikiran serta kebijakannya diakui di negeri ini dan tataran internasional.

Pemberian penghargaan diserahkan oleh Rektor Unnes Faturahman. Sri Mulyani tampak berkaca-kaca ketika memberikan sambutan seusai penerimaan anugerah itu. Dia mengatakan, penghargaan yang didapatnya saat ini tidak lepas peran kedua orangtuanya di Semarang yang terus memberikan arahan saat mejabat sebagai menteri keuangan.

"Kedua orangtua saya punya andil menjadikan saya sampai seperti saat ini. Berkat beliau, saya jadi paham betul seperti apa kesulitan yang dihadapi para guru di Indonesia," ujar perempuan yang dipanggil Ani.

(Baca juga: Beri Kuliah Umum di Unpad, Sri Mulyani Ikut "Mannequin Challenge")

Selain Ani, sejumlah tokoh mendapat anugerah dari Unnes. Sejumlah tokoh mendapat anugerah serupa dalam bidang lain, misalnya kepada Habib Lutfi bin Yahya yang menerima anugerah konservasi di bidang pluralisme atau Upakarti Reksa Bhinneka Adhikarana karena dinilai mampu menjaga NKRI yang mengusung konsep Bhinneka Tunggal Ika.

Christian Hadinata, tokoh bulu tangkis tanah air mendapat anugerah Upakarti Krida Adhikarana, Emil Salim mantan Menteri Lingkungan Hidup mendapat anugerah Upakarti Mandala Bumi Adisajjana, serta Ki Enthus Susmono, Bupati Tegal yang juga dalang nyentrik mendapat anugerah Upakarti Reksa Manggala Budaya.

Rektor Unnes Faturrahman mengatakan, penghargaan yang diberikan adalah bentuk apresiasi dari institusinya agar bisa menjadi teladan generasi muda.

(Baca juga: Ketika Sri Mulyani Acungkan Jempol Terbalik buat Sulsel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com