Rem Blong, Bus Pariwisata Tabrak Hotel di Kawasan Telaga Sarangan

Kompas.com - 22/01/2017, 21:45 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorIcha Rastika

MAGETAN, KOMPAS.com - Sebanyak 11 wisatawan terluka karena bus pariwisata yang mereka tumpangi menabrak salah satu hotel di kawasan wisata Telaga Sarangan, Magetan, Minggu (22/1/2017) sore. Diduga, bus pariwisata itu menabrak hotel karena rem blong.

"Sebelas wisatawan mengalami luka-luka di bagian tubuhnya. Namun, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan lalu lintas bus pariwisata menabrak hotel. Saat ini, korban menjalani perawatan di RSUD Magetan dan Puskesmas Plaosan," kata Kasat Lantas Polres Magetan AKP Deddy Eka Aprianto, Minggu ( 22/1/2017).

(Baca juga: Bus Karyawan Tabrak Motor dan Ontel, 2 Orang Tewas)

Menurut Deddy, kecelakaan itu bermula saat bus pariwisata bernomor W 7153 UA membawa rombongan wisatawan yang hendak pulang ke Surabaya.

Saat berada di turunan Desa Ngerong, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, bus melaju dengan gigi dua dan kecepatan sekitar 40 km/jam.

Dengan laju kecepatan itu, sopir bus hendak mengurangi kecepatan dan mengerem. Namun, tiba-tiba rem bus blong dan sopir pun memindah menjadi gigi satu.

Bukannya malah melambat, kecepatan bus justru semakin bertambah dan rem tidak berfungsi.

Khawatir memakan korban jiwa lebih banyak, sopir itu memutuskan untuk menabrakkan bus ke bangunan Hotel Mulia.

Akibatnya, bus itu masuk ke halaman hotel yang jalannya nanjak. Bagian depan bus menabrak bangunan hotel.

(Baca juga: Motor Tabrak Tiang Listrik, Tiga Pelajar SMA Tewas)

Bangunan teras hotel itu pun mengalami kerusakan. Tidak ada pengunjung hotel maupun karyawan hotel yang menjadi korban dalam kecelakaan ini.

Ia menambahkan, beberapa saat setelah kecelakaan lalu lintas itu terjadi, jalan di Kawasan Sarangan tidak mengalami kemacetan. 

Sebab, bus tidak masuk ke halaman hotel dan tidak melintang di jalan raya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X