Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Hercules TNI AU yang Jatuh di Papua Hibah dari Australia

Kompas.com - 18/12/2016, 15:32 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Pesawat Hercules C-130HS milik TNI Angkatan Udara (AU) dengan nomor registrasi A-1334 yang jatuh dalam perjalanan dari Wamena ke Timika, Papua merupakaan hibah dari Australia.

Pesawat itu mulai dioperasikan oleh prajurit di Landasan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh, Malang pada Februari 2016 lalu.

"Dari Australia masuk ke sini, pada Bulan Februari kita pakai," kata Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI RM Djoko Senoputro, Minggu (18/12/2016).

Menurut dia, pesawat itu masih layak terbang. Pengecekan sebelum pemberangkatan juga sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku. "Semuanya sudah sesuai dengan prosedur," jelasnya.

Pesawat itu terbang ke Papua membawa misi latihan pemantapan kaderisasi kapten. Rencananya, latihan itu akan berakhir pada Rabu (21/12/2016).

Dugaan sementara, pesawat itu jatuh karena faktor cuaca. "Cuaca disana sebenarnya bagus. Cuma di runway kurang baik, ada fog," jelasnya.

Akibat kejadian itu, 13 orang yang ada di dalam pesawat meninggal. Dua belas orang merupakan kru dari pesawat itu dan satu orang lainnya anggota TNI yang tengah menumpang.

Sebanyak 12 kru pesawat itu rencananya akan dibawa ke Lanud Abdulrachman Saleh, Malang untuk diadakan upacara penghormatan terakhir.

Kompas TV Kecelakaan yang Libatkan Pesawat Hercules C-130
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com