Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malang Banjir, Satu Ruas Jalan Raya Putus

Kompas.com - 26/11/2016, 15:50 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur kawasan Kota Malang, Jawa Timur menyebabkan sejumlah ruas jalan raya dan perumahan warga tergenang, Sabtu (26/11/2016).

Akibatnya, salah satu ruas jalan yang mengalami genangan air paling tinggi terpaksa ditutup oleh warga. Ruas jalan raya yang ditutup itu adalah Jalan Raya Galunggung di Kelurahan Gading Kasri, Kecamatan Klojen. Ketinggian air di jalan tersebut mencapai 1,5 meter atau setinggi dada orang dewasa.

"Ini parah mas. Biasanya tidak seperti ini," kata Muad (40) warga setempat.

Ia menjelaskan, biasanya jalan raya itu memang selalu tergenang setiap ada hujan turun, namun ketinggian air tidak begitu parah. Hanya setinggi betis orang dewasa.

Sementara itu Hasyim, warga lainnya mengatakan, warga terpaksa menutup jalan tersebut. Selain tergenang air, material banjir juga bertebaran, sehingga jalan itu tidak memungkinkan untuk dilewati kendaraan. "Kalau tidak ditutup rumah yang kecil - kecil bisa rusak," ungkapnya.

Menurutnya, genangan air itu disebabkan oleh luapan dari Sungai Galunggung yang tidak muat menampung air hujan. Anita, warga lainnya mengaku heran dengan banjir saat ini. Sebab biasanya, genangan air tidak sampai masuk ke rumahnya.

"Biasanya hanya sebetis dan tidak masuk rumah. Sekarang kok sampai masuk ke dalam rumah," jelasnya.

Ia menyebut, banjir serupa terjadi sekitar dua tahun yang lalu. Hujan yang melanda kawasan Malang memang cukup deras. Hujan mulai turun sekitar pukul 13.00 WIB dan berhenti sekitar 14.30 WIB.

Selain jalan Galunggung, ruas jalan yang ikut tergenang juga ada di di Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Bendungan Sutami. Warga harus membersihkan material banjir di ruas jalan tersebut setelah air mulai surut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com