Upacara Hari Pahlawan di Poso Digelar di Lokasi Jatuhnya Heli TNI - Kompas.com

Upacara Hari Pahlawan di Poso Digelar di Lokasi Jatuhnya Heli TNI

Kompas.com - 09/11/2016, 14:24 WIB
Kontributor Poso Kompas TV, Mansur Foto Suasana pelksanaan Gladi Bersih dilokasi jatuhnya Heli TNI pada Rabu (9/11/2016)

POSO KOMPAS.com – Upacara peringatan hari Pahlawan pada 10 November 2016 di Poso, Sulawesi Tengah, dipusatkan di lokasi jatuhnya helikopter milik TNI di Dusun Petiro Bajo, Kelurahan Kasiguncu, Kecamatan Poso Pesisir.

Penunjukan lokasi tersebut oleh Pemda Poso bersama Makorem 132 Tadulako sengaja dilakukan untuk mengenang jasa 13 prajurit terbaik TNI yang gugur saat pesawat heli yang ditumpangi dalam Operasi Tinombala 2016 jatuh di area tersebut.

Dari pantauan Kompas.com saat digelar gladi pada Rabu (9/11/2016), di lokasi jatuhnya heli yang memuat 13 orang anggota TNI pada Minggu (20/3/2016) silam akibat cuaca buruk itu kini telah dibangun sebuah tugu monumen Tadulako.

Kabag Humas dan Protokoler Pemda Poso, Leonard Neloh yang dikonfirmasi membenarkan, pelaksanaan upacara Hari Pahlawan di Poso akan dipusatkan di Monumen Tadulako Patirobajo dan akan dipimpin langsung oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu.

Upacara yang akan digelar tepat pada pukul 7.30 Wita akan dikuti oleh ratusan peserta upacara yang berasal dari anggotan TNI-Polri, PNS, mahasiswa, pelajar bersama warga Kabupaten Poso.

Laeonard Neloh menambahkan, selain di Monumen Tadulako, lokasi lain yang akan dikunjungi para peziarah Hari Pahlawan besok adalah Pelabuhan Poso untuk melakukan tabur bunga menghormati jasa para pahlawan yang gugur di lautan.

Tabur bunga akan dipimpin langsung oleh Danrem 132 Tadulako Palu, Kolonel Infanteri Mohammad Saleh Mustafa yang akan didampingi oleh Dandim 1307 Poso, Letkol Infanteri Ryan Hanandi.

"Gladi bersih sudah digelar. Besok tinggal pelaksanaan upacara di lokasi Monumen Tadulako. Setelah upacara selesai, selanjutnya peserta upacara yang dipimpin oleh Danrem akan bergeser ke Dermaga Poso untuk tabur bunga," jelas Leonard.


EditorFarid Assifa

Terkini Lainnya


Close Ads X