Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ninok Leksono Raih Penghargaan Ganesa Widya Jasa Adiutama

Kompas.com - 20/08/2016, 21:23 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wartawan senior Kompas, Dr Ninok Leksono mendapat penghargaan Ganesa Widya Jasa Adiutama dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Sabtu (20/8/2016). Rektor ITB, Prof Dr Ir Kadarsah Suryadi DEA mengatakan, Ganesa Widya Jasa Adiutama merupakan penghargaan tertinggi ITB.

"Penghargaan ini diberikan kepada institusi maupun individu yang menunjukkan jasa atau prestasi menonjol dalam melaksanakan kegiatan pengembangan IPTEK di tingkat internasional, nasional, maupun ITB," ujar Kadarsah dalam rilisnya, Sabtu (20/8/2016).

Direktorat Humas dan ALUMNI ITB, Budi Mulyadi menjelaskan, Ninok memperoleh penghargaan tersebut karena jasanya dalam bidang astronomi ITB. Ninok memiliki ketertarikan terhadap astronomi yang secara tidak langsung berkontribusi dalam pengembangan bidang tersebut.

"Pak Ninok sering memuat artikel tentang Iptek, terutama astronomi," ucapnya.

Selain dikenal sebagai wartawan, Ninok aktif di dunia pendidikan. Salah satunya, memimpin Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Pria kelahiran Semarang, 30 Januari 1956 itu menyelesaikan strata satunya di Astronomi ITB. Lalu mendapat gelar master ilmu perang dari Departement of War Studies King's College, London dan memperoleh gelar doktornya di Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Selain Ninok, penghargaan Ganesa Widya Jasa Adiutama diberikan juga pada Prof Kikui Matsui dari Kyushu University Jepang, Prof Phil Cummins dari Autralian National University.

Lalu Ir Soedjono Kramadibrata MSc, Mukoddas Syuhada ST MT IAI, Muhammad Samsudin Dajat Hardjakusumah, dan. Emeritus Prof Dr Muhamad Awang FASc dari Universitas Putra Malaysia. Adapun total penghargaan yang diberikan hari ini di ITB sebanyak 29 penghargaan yang terbagi ke dalam beberapa kategori.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com